Hari Ini, 3,3 Juta Orang Jalani Tes CPNS

131
0

JAKARTA – Tes masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai dilaksanakan hari ini Senin (27/1). Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan hingga 25 Februari 2020.

Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan 3.364.868 peserta dinyatakan lulus administrasi. Mereka yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes SKD. Mengenai kisi-kisi tes SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Baca juga : Seleksi CPNS Siap Digelar

“Dalam kategori itu ada pembahasan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan bahasa Indonesia,” katanya, Minggu (26/1).

Sedangkan Tes Intelegensia Umum (TIU) mencakup kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural. Sementara Tes Karakteristik Pribadi (TKP) seperti pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi profesionalisme.

Sebelumnya Paryono juga mengatakan pelaksanaan SKD setiap harinya terbagi maksimal 5 sesi, dan setiap sesi berlangsung 90 menit.

“Kepala BKN dijadwalkan akan membuka secara resmi pelaksanaan SKD di Kantor BKN Pusat pada pukul 08.00 WIB. Pada hari pertama pelaksanaan SKD tersebut, tilok (titik lokasi) BKN Pusat memfasilitasi SKD bagi peserta yang melamar formasi BKN dan BIN,” ujarnya.

Berdasarkan pengumuman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor B/47/S.KP.01.00/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan SKD CPNS 2019 disebutkan terdapat 33 unit pelaksana teknis SKD.

“SKD akan dilaksanakan pada 33 titik lokasi di Kantor Regional atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara,” tulis pengumuman tersebut.

Dalam pengumuman tersebut juga dijelaskan tetang kewajiban peserta. Para peserta wajib hadir 90 menit sebelum pelaksanaan SKD sesuai dengan sesi ujian yang telah ditetapkan.

Para peserta diwajibkan untuk membawa Kartu Peserta Ujian CPNS 2019 yang dicetak melalui laman https://sccn.bkn.go.id/ dan telah menandatangani kolom tanda tangan dan menulis nama peserta pada bagian Lembar Panitia Ujian CPNS.

Selain itu, peserta juga diwajibkan untuk membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) asli atau Surat Keterangan asli telah melakukan rekaman kependudukan yang telah dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bagi yang belum memiliki KTP-el.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.