Nilai USBN Indikator Kualitas Sekolah

Hari Ini, Kelulusan SD Diumumkan

473
USAI UJIAN. Siswa SDN Galunggung usai mengikuti USBN hari pertama beberapa waktu lalu. Siswa akan menerima hasil kelulusan Hari ini (12/6).

TASIK – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya Budiaman Sanusi menyatakan sebanyak 10.913 siswa kelas 6 Sekolah Dasar (SD) se-Kota Tasikmalaya akan menerima hasil kelulusan Hari ini (12/6).

Hasil pengumuman kelulusan siswa didasarkan pada hasil akumulasi dari nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), ujian semester dan hasil ujian praktik.

Namun, kata ia, nilai hasil USBN ini tidak menjadi dasar seleksi mendaftar di jenjang SMP. Pasalnya, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 tahun 2018 diperkuat surat edaran (SE) bersama antara Mendikbud dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengatur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan zonasi dan tidak memakai nilai USBN.

“Adapun hasil USBN sebagai salah satu indikator penilaian kualitas sekolah,” kata dia kepada Radar, Selasa (11/6). Selain itu nilai USBN untuk mengevaluasi seberapa daya serap siswa terhadap kurikulum. Hasilnya akan dipakai untuk menentukan kebijakan secara nasional.

Kepala Seksi Kurikulum dan Kelembagaan SD Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Dedi Suryadi SPd MPd menuturkan, hasil USBN 2019 dari 222 SD se-Kota Tasikmalaya sudah diterima sejak 27 Mei dalam bentuk Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUS). Namun begitu, hasil nilai tertinggi maupun nilai rata-rata belum bisa diketahui karena masih tersimpan di dokumen yang bersifat rahasia.

“Yang pasti, terdapat nilai sempurna atau seratus untuk masing-masing mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA,” kata dia.

Hasil USBN sudah diaplikasikan dalam bentuk SKHU dan sudah didistribusikan ke masing-masing sekolah sejak Senin (10/6). “Insya Allah ada peningkatan hasil USBN 2019. Namun persentasenya belum diketahui,” ujar dia.

Ia menambahkan, demi meningkatkan kualitas pendidikan ia mengimbau agar 222 SD se-Kota Tasikmalaya, termasuk 11 SD swasta dapat menerapkan delapan standar pendidikan nasional. “Sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu,” ucapnya. (mg1)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.