Hari Ini, LPLH Laporkan Dinkes Kabupaten Tasik Soal Limbah Medis

95
0

TASIK – Hari ini, DPD Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia Kawasan Laut Hutan dan Industri (LPLHI-KLHI) Kota Tasikmalaya akan melaporkan Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya terkait pembiaran limbah medis bertahun-tahun.

“Kami hari ini berangkat untuk melaporkan Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya ke Polda Jabar atas temuan limbah medis di bekas Kantor Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Cilembang,” kata Wakil Ketua LPLHI Kota Tasikmalaya Erwin kepada Radar, Minggu (22/3).

Baca juga : Warga Cikawungading Cipatujah Tasik ODP Corona, Kini Dirawat di Puskesmas

Menurutnya, Dinkes sudah membiarkan limbah medis itu dalam kurun waktu cukup lama, yakni 7 tahun hingga akhirnya ditemukan karena mengeluarkan bau tidak sedap. “Dalam waktu tujuh tahun itu bukan karena kesibukan melainkan pembiaran,” ujarnya, menjelaskan.

Jelas Erwin, Dinkes sudah melanggar dua aturan sekaligus yakni Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup dan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengolahan Sampah. “Itu keduanya pidana,” katanya.

“Untuk pengelolaan limbah medis ini ada prosedur atau SOP-nya. Termasuk limbah itu pengelolaannya harus oleh pihak ketiga. Kalau sekarang tidak dikelola dan malah dibiarkan bertahun-tahun,” katanya. (ujg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.