Hari Ini, Makam Pahlawan Dibongkar

2
BONGKAR .Taman Makam Pahlawan di Pangandaran akan dibongkar dan dipindahkan ke TMP yang baru di Desa Cintakarya.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARIGI – Tahapan pemindahan makam pahlawan dimulai hari ini (28/9). Sebanyak 32 makam akan dibongkar, 23 di Kecamatan Pangandaran dan sembilan di Kecamatan Parigi.
”Pembokaran dilakukan dalam satu hari, semuanya akan dimasukan kedalam peti jenazah dan dibawa langsung ke Koramil Pangandaran,” ungkap Sekda Pangandaran Mahmud SH MH kepada Radar saat ditemui di Gedung DPRD Kamis (27/9).

Doa bersama dan upacara akan dilakukan sebelum pembongkaran yang langsung disaksikan langsung Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata. ”Kalau di Parigi akan disaksikan Pak Wakil Bupati H Adang Hadari,” jelasnya.

Seluruh Jenazah dibawa ke TMP Cintakarya pada hari Sabtu (27/9). ”Rombongan dari Kodim 0613 Ciamis, Pemkab Pangandaran dan lain-lain akan mengiringi pemindahan jenazah ini,” terangnya.

Mahmud berharap prosesi pemindahan berjalan dengan lancar, tanpa ada satu hambatan apapun. ”Kita semua berharap ini bejalan lancar, karena pemindahan dengan kehormatan bagi pejuang yang telah menjaga dan membela NKRI,” tegasnya.

Saat ditanya mengenai siapa saja yang boleh dimakamkan di TMP, Sekda Pangandaran Mahmud SH MH mengatakan hal itu sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2010, tentang Perawatan dan Pelaksanaan Pemakaman Jenazah Prajurit Tentara Nasional Indonesia/Purnawirawan dan Pegawai Negeri Sipil (Wredatama) di Lingkungan Kementerian Pertahanan RI.

“Area pemakaman yang dimaksud dalam peraturan itu ada tiga, Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU), Taman Makam Pahalawan Nasional (TMPN) yang letaknya di provinsi, kabupaten dan kota, Taman Makam Bahagia (TMB) dan Taman Pemakaman Umum (TPU),” paparnya.

Menurutnya, untuk mereka yang termasuk prajurit TNI/Purnawirawan dan PNS Wredatama yang memenuhi persyaratan bisa dimakamkan di TMPU.

”Mereka yang diangkat sebagai pahlawan menurut perundang-undangan, dinyatakan gugur dalam pasal ayat 1 dan memiliki salah satu tanda jasa seperti bintang gerilya, bintang sakti, bintang dharma, bintang yuda dharma, kartika eka paksi, bintang jalesena dan bintang bhuwana paksa. Sementara yang PNS Wredatama syaratnya harus diangkat sebagai pahlawan,” jelasnya.(den)

loading...