Hari Ini, Tim Geologi Periksa Tanah Bergerak di Ciamis

60
0
ISTIMEWA PANTAU LOKASI. Tim dari Tagana, Dinas Sosial, Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Ciamis, aparat desa dan TNI memantau lokasi pergeseran tanah di Dusun Sukamaju Desa Talagasari Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis.
Loading...

CIAMIS – Tim Peneliti dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Jawa Barat Maryono menyampaikan bahwa pihaknya Selasa siang (12/1) telah datang ke lokasi pergerakan tanah di Dusun Cilimus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan.

Maryono menjelaskan Tim dari PVMBG yang akan melakukan penelitian di Panawangan sebanyak empat orang. Namun saat memantau ke lokasi dan pada pukul 15.00 terjadi hujan cukup deras, sehingga penelitian belum dilakukan karena mengingat hujan deras.

“Kami akan lanjutkan penelitiannya pada Rabu pagi (13/1) ke Panawangan dan Kawali. Itu yang fokus kami teliti,” ujar Maryono saat dihubungi Radar.

Kata Maryono, penelitian tanah bergerak saat hujan deras kurang begitu bagus, sehinga pihaknya akan melakukan penelitian saat cuaca bagus. “Upaya kami akan maksimal dalam penelitian tersebut,” ujarnya.

Baca juga : Puskesmas Cipaku Ciamis Gelar Simulasi Vaksinasi

Loading...

Kepala Dusun Cilimus Desa Indragiri Kecamatan Panawangan Ana Rusliana menjelaskan tim dari Geologi telah meninjau ke lokasi pergerakan tanah. Tadinya akan pengecekan dan penelitian, namun karena hujan deras akhirnya tidak jadi dan akan dilanjutkan pada Rabu pagi.

“Kami sangat menyambut baik karena tim Geologi datang semoga saja hasilnya bisa cepat ada, sehingga terjawab kekhawatiran masyarakat, apakah membahayakan atau tidaknya atau layak ditinggali atau enggak” ujarnya.

Ana mengaku bahwa masyarakat tetap sepakat apapun hasil penelitian dari Geologi, mereka tetap saja ingin relokasi mengingat memang sudah ada sejarahnya dari dulu pernah terjadi pergerakan tanah. Apalagi sekarang musim hujan.

Jadi tanah terus bergerak. Banyak tebing sudah pada longsor. “Makanya sepakat warga akan tetap minta relokasi,” terangnya.

Dihubungi terpisah Kepala Dusun Sukamaju Desa Talagasari Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis Lili bahwa ada 58 rumah dengan jumlah jiwa 110 orang yang terkena pergerakan tanah dan semua telah diungsikan ke rumah saudaranya dan rumah kosong .

Bahkan, kata dia, kini kolam masyarakat sudah pada bocor dan telah dikuras dan peternakan juga terkena dampak pergerakan tanah.

“Untuk saat ini tanah terus bergeser. Semoga ada keputusan pastinya besok kami nunggu dari Geologi datang ke sini,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.