Hari Ini, Vaksinasi Tahap Dua di Kabupaten Tasik Mulai Digelar

47
0
ISTIMEWA. VAKSINASI. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Dr H Mohamad Zen melakukan vaksinasi tahap kedua di Puskesmas Tinewati, Senin (15/2/2021)
ISTIMEWA. VAKSINASI. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Dr H Mohamad Zen melakukan vaksinasi tahap kedua di Puskesmas Tinewati, Senin (15/2/2021)
Loading...

SINGAPARNA – Proses vaksinasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya tahap pertama hampir seluruhnya sudah dilaksanakan terhadap tenaga kesehatan dan muspika kecamatan.

Setelah 14 hari penyuntikan vaksin 1 Februari lalu terhadap 3.100 orang yang diprioritaskan terhadap tenaga kesehatan, ditambah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Muspika di kecamatan, penyuntikan tahap kedua kembali dilaksanakan, Selasa (16/2/2021).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tasikmalaya Drs Rudi Sonjaya Saehuri MPd menjelaskan, dari total 6.200 vaksin Covid-19 tahap pertama yang diterima, sudah 80 persen digunakan untuk vaksin tenaga kesehatan, pimpinan Forkopimda dan Muspika.

“Jadi masih ada 20 persen yang tersisa vaksinnya, sisanya ini akan digunakan untuk vaksin massal terhadap nakes yang belum divaksin tahap pertama. Rencannya akan dilaksanakan di Kantor Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (16/2),” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Bersamaan dengan itu, jelas dia, penyuntikan vaksin yang kedua kali terhadap 3.100 orang yang sudah divaksin tahap pertama akan dilaksanakan secara bertahap juga selama 14 hari ke depan.

loading...

“Alhamdulillah pada penyuntikan vaksin tahap pertama berjalan lancar dan kondisi yang dirasakan oleh yang sudah divaksin tidak ada gejala yang memperburuk kondisi kesehatannya. Mudah-mudahan di penyuntikan vaksin kedua ini berjalan lancar lagi,” ujarnya, menjelaskan.

“Mudah-mudahan divaksin yang kedua juga tidak ada efek yang berbahaya bagi tubuh. Rencananya, akhir Februari ini vaksin akan kembali didistribusikan ke Kabupaten Tasikmalaya untuk tahapan selanjutnya,” kata dia, menambahkan.

Baca juga : Pasien Covid-19 Meninggal di Kabupaten Tasik Terus Bertambah

Vaksinasi yang sudah dilakukan di 40 puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya dan masih tersisanya vaksin yang belum disuntikan kepada para tenaga medis lainnya karena ada nakes yang terkonfirmasi Covid-19.

“Jadi kalau berdasarkan jumlah ada yang terkonfirmasi Covid-19 tenaga kesehatan ini, nah pada saat ada nakes yang terkonfirmasi, otomatis puskesmas tidak melaksanakan vaksinasi, karena ditutup operasional pelayanan kesehatannya,” terang dia.

Artinya, kata dia, harus diantisipasi dan teliti dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, jangan sampai ada tenaga kesehatan di puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid-19 divaksin, nanti akan berbahaya. Puskesmas yang terakhir ditutup operasional pelayanannya adalah di Kecamatan Sukaraja.

Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya dr Heru Suharto MMKes menambahkan, untuk rencana pendistribusian vaksin tahap kedua dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat direncanakan akhir Februari, setelah dua kali penyuntikan terhadap tenaga kesehatan.

“Untuk yang tahap kedua, selain tenaga kesehatan diprioritaskan kepada profesi yang berhubungan dengan publik seperti TNI/Polri dan ASN. Termasuk ke depannya masyarakat umum,” katanya. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.