Hari Kedua, HKP di Dadaha Diramaikan Kampanye Gerakan Makan Ikan

123
0

CIHIDEUNG – Perhelatan tahunan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Provinsi Jawa Barat di Lapangan Dadaha di hari kedua, Rabu (17/7), diramaikan dengan berbagai kegiatan. Seperti kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman dan isteri beserta Wakil Wali Kota Tasikmalaya, HM Yusuf dan isteri, menggelorakan program Gemarikan, yang diikuti ribuan kader PKK serta para pelajar SD.

Ketua Forum Gemarikan, Eti Atiyah Budiman mengatakan, ini merupakan program nasional untuk tingkatkan konsumsi ikan masyarakat, dan langkah strategis menguatkan ketahanan pangan nasional.

“Protein ikan jelas lebih tinggi dari daging, telur, dan susu. Jadi lebih menyehatkan dan menguatkan. Apalagi ikan mudah didapat di pasar, dan di lingkungan. Karena banyak tersedia,” ujar Eti kepada radartasikmalaya.com.

Terang dia, harga ikan relatif lebih murah dibanding makanan pokok lainnya. Jadi dia berharap gerakan ini membumi di Kota Tasik dan bukan karena paksaan untuk memakan ikan, tapi kebutuhan yang dilaksanakan kesinambungan.

“Ini telah sekian lama dicanangkan, jadj masih terdapat banyak kendala seperti rendahnya pemahaman masyarakat kaitannya dengan manfaat mengkonsumsi ikan. Dan saat ini di Kota Tasik baru 22 ribu ikan dikonsumsi di tahun 2018,” terangnya.

Sementara itu Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman menuturkan, mengkonsumsi ikan itu banyak manfaatnya dan lebih sehat karena memiliki protein yang sangat tinggi. “Dan konsumsi ikan di Kota Tasik ini masih jauh. Baru 22 ribu per tahun dikonsumsinya,” tuturnya.

Sementara itu, kata dia, di tingkat Provinsi Jawa Barat saja harusnya untuk di daerah seperti Kota Tasik minimal 28 ribu. “Sedangkan secara nasional di angka 40 ribu. Nah di Jepang, sebagai negara maju sangat luar biasa. yaitu 80 ribu,” tambahnya.

Jelas dia, artinya jauh sekali bangsa Indonesia dalam mengkonsumsi ikan. “Maka dari itu di Kota Tasik kita dorong agar angka konsumsi ikan ini meningkat sambil menyerap hasil produktivitas,” jelasnya.

Tukas dia, dampak lain dari Gemarikan ini adalah memotivasi kreativitas para pelaku usaha perikanan, pelaku rumah makan, dan lain sebagainya. “Sehingga banyak variasi-variasi menu kuliner juga dengan bahan utama dari ikan. Makanya saya dorong Gemarikan ini agar lebih memasyarakat,” tukasnya. (rez)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.