Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Evakuasi Korban Gempa dan Kebakaran

346
0
Loading...

KOTA TASIK – Bertepatan dengan hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 26 April 2018, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya menggelar simulasi evakuasi bencana, Kamis (26/4/2018).

Kegiatan digelar di Universitas Perjuangan Kota Tasikmalaya dengan tema “Bersama Menumbuhkan Budaya Siaga Bencana” tersebut, sebanyak 15 orang yang menjadi korban kebakaran dan gempa bumi berhasil dievakuasi oleh satgas.

Tak hanya dari BPBD Kota Tasikmalaya, satgas dari anggota PMI, Tagana Dinas Sosial, Basarnas, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), dan beberapa tim penyelamat lainnya, turut serta dalam kegiatan.

Kepala BPBD Kota Tasikmalaya Yudi Kustiadi, didampingi Sekretaris PMI Kota Tasikmalaya Rahmat Kurnia menjelaskan, kegiatan simulasi evakuasi bencana tersebut diikuti oleh beberapa kalangan mahasiswa, relawan BPBD, karang taruna setempat, forum komunikasi pecinta alam, serta beberapa komunitas dan lembaga masyarakat lainnya di Kota Tasikmalaya.

Yudi menambahkan, kegiatan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tanggap bencana.

Loading...

“Kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat, kalau seandainya terjadi bencana. Jadi kalau masyarakat sudah faham berarti sudah siap kalau ada bencana. Misalkan gempa, puting beliung, ke arah mana harus menyelematkan diri mereka sudah tahu,” jelasnya kepada wartawan.

Selain itu, kegiatan juga diisi dengan apel kesiapsiagaan dan gelar peralatan kebencanaan.

Dalam skenario simulasi evakuasi bencana, diceritakan ada lima belas korban bencana alam gempa bumi yang disertai kebakaran.

Para satgas mengevakuasi korban di lantai dasar gedung sebanyak 9 orang, dan di lantai atas sebanyak 6 orang dengan melalui prosedur vertikal rescue. (sal)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.