Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.3%

53.8%

6.8%

0.7%

12.9%

0%

23.2%

0%

Harus Amanah Kelola ADD

20
0
LANTIK. Bupati Garut H Rudy Gunawan melantik kepala desa di Lapang Setda Kabupaten Garut Senin (2/12). Dia meminta kades amanah dalam mengelola ADD. yana taryana / rakyat garut

TAROGONG KIDUL – Bupati Garut H Rudy Gunawan meminta kepala desa (kades) terpilih mampu mengelola anggaran dana desa (ADD) dengan baik. Hal tersebut dikatakannya usai pelantikan 89 kepala desa di Lapang Setda Garut.

“Bapak presiden (Joko Widodo) sedang menggemborkan pembangunan desa dengan dana desanya. Jadi kepala desa ini harus amanah,” kata bupati Senin (2/12).

Menurut dia, seluruh kades terpilih memiliki tanggung jawab dan harus melaksanakan amanah masyarakat dalam menjalankan roda pemerintahan desa yang baik. Terutama, amanah memanfaatkan anggaran untuk pembangunan desa. “Harus disesuaikan dengan ketentuan dan dibelanjakan sesuai kualitas,” katanya.

Ia mengimbau seluruh elemen masyarakat bersama-sama mengawasi setiap pelaksanaan program di desa. Termasuk kades yang tidak terpilih, menjadi bagian untuk ikut serta membantu dan mengawasi program desa untuk kepentingan bersama. “Kepala desa yang tidak terpilih juga dipercaya oleh masyarakat,” ujarnya.

Rudy juga mengimbau kepala desa yang baru dilantik tepat waktu dalam membayar pajak anggaran dana desa (ADD). Hal itu karena sebelumnya banyak kepala desa yang lupa membayar pajak ketika dana desanya turun. “Ketika dana desa turun Rp 1 miliar misalnya, Rp 10 jutanya itu harus ditransfer ke kas Negara, itu wajib sesuai dengan aturan,” kata dia.

Ia berharap kepala desa yang baru dilantik maupun yang kembali terpilih dapat sadar dan tertib untuk membayar pajak ketika mendapatkan kucuran dana desa dari pemerintah pusat. “Garut ini menjadi daerah yang cukup rendah tingkat kesadaran bayar pajaknya,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.