Harus Bentuk Tim Pengendali Kelulusan

47
0
Dr H Dadang Yudhistira SH MPd

CIHIDEUNG – Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Dr H Dadang Yudhistira SH MPd mengimbau lembaga sekolah untuk mengawasi siswa-siswi SMP ketika pengumuman kelulusan.

“Sekolah segera membentuk tim pengendalian kelulusan daerah di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) agar mengontrol kegiatan setelah kelulusan baik di kota atau sekitarnya,” kata dia kepada Radar, Jumat (24/5).

Siswa yang sudah dinyatakan lulus harus diawasi sekolah agar tidak melakukan konvoi dan coret-coret baju. “Jangan sampai di kota aman tidak ada euforia, ketika ke daerah lain melakukan coret-coret baju,” ujar dia.

Dia juga meminta sekolah segera membuat surat keputusan (SK) pengumuman hasil kelulusan siswa-siswanya. “Kepala sekolah segera membuat SK dan untuk tembusan ke Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya,” kata dia.

Sebelum pembagian ijazah, sekolah harus mempelajari Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor 0038/D/HK/2019. Pihak sekolah dapat melakukan pengisian atau penulisan ijazah untuk para siswanya. Setiap sekolah yang akan mengisi ijazah diatur tentang pedoman bentuk, spesifikasi teknis, tata cara dan mekanisme pengisian blangko ijazah pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah. “Ijazah ditulis tangan. Jangan juga sampai salah tulis sebab pihak Provinsi Jawa Bara tidak menyediakan salah tulis,” ujar dia.

Ia mengingatkan sekolah untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada para peserta didik dengan baik. Salah satunya adalah memberikan ijazah kepada para siswa yang telah lulus. “Dilarang menahan dengan alasan apa pun. Segera proses dan bagikan. Selanjutnya dokumentasikan pengambilan ijazah,” katanya.

“Buatlah surat edaran ketika kedapatan ijazah belum diambil dan masih tersisa. Atau membuat pengumuman mohon segera diambil,” tambahnya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.