Hasil Munaslub Tak Berpengaruh

248
0
Firgiawan / Radar Tasikmalaya BERI DUKUNGAN. Ulama dan Santri se-Priangan Timur mendeklarasi­kan dukungan terhadap Ridwan Kamil – Daniel Muttaqien di Pilgub Jabar 2018 kemarin.

Ulama dan Santri se-Priatim Deklarasikan Dukungan RK-Daniel
TASIK – Sejumlah ulama dan santri se-Priangan Timur berkumpul di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaalamin Cilendek, Cibeureum Kota Tasikmalaya untuk mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Ridwan Kamil – Daniel Muttaqien Syafiuddin di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018.
Salah seorang perwakilan ulama dari Kabupaten Subang, KH Sahidin mengatakan selama ini pemerintah terkesan memperhatikan sekolah umum. Sementara pesantren dibiarkan kumuh.
Untuk itu, kehadiran pasangan figur muda, mereka menitipkan doa agar Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien bisa menyuarakan keinginan pesantren di Jawa Barat agar lebih diperhatikan. “Kita minta agar membuat peraturan tentang dana BOS bagi pesantren. Kita yakin kedua figur yang mempunyai latar belakang pesantren bisa berkomitmen terkait ini,” ujarnya dalam pidato, kemarin (14/12).
Begitu juga diamini KH Ali Murtado dari Indramayu. Menurutnya, figur Daniel yang merupakan putra dari Bupati Indramayu diharapkan bisa meneruskan kepedulian seperti orang tuanya terhadap pemuka agama. Bahkan di Indramayu, ayah Daniel (Irianto MS Syaifiuddin alias Yance) memiliki peran dalam menyediakan gaji bagi imam masjid, BOS bagi pesantren serta perhatian lebih kepada lembaga pendidikan berbasis agama itu. “Keluarga Daniel ini begitu menghargai ulama sehingga tidak mungkin tidak memperhatikan agama Islam. Ditambah ketika baca biografi Ridwan Kamil, ternyata keturunan pesantren juga. Ini dua tokoh terbaik pesantren sehingga akan mendapat kemudahan Allah. Ini kesempatan ponpes mengibarkan kebesarannya,” bebernya.
Pimpinan Ponpes Raudlatul Mutaalamin KH Ate Musodiq Bahrum menjelaskan Pimpinan Ponpes se-Priangan Timur telah sepakat mendukung Daniel Muttaqien Syafiuddin berpasangan dengan Ridwan Kamil. Keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama, “Doa kami untuk Daniel agar jadi berpasangan dengan Ridwan Kamil. Insya Allah menang,” ujarnya kepada wartawan.
Pria yang termasuk 9 Mustasyar DPW PKB Jawa Barat itu, menilai pasangan muda cocok bagi Jawa Barat yang memerlukan figur enerjik terutama mementingkan kepentingan pesantren. “Yang muda sedikit dosanya, yang tua banyak amalnya. Santri senang dengan figur-figur muda ini,” ungkap dia.
Disinggung soal dukungan terhadap salah satu pasangan calon, sementara pesantren seyogyanya bersikap netral? KH Ate menjawab hal tersebut merupakan pendidikan politik. Santri harus memahami sebagai penerus bangsa ke depan. “Sehingga selain deklarasi dari ulama, ada juga deklarasi dari santri. Ada 100 pesantren perwakilan Jawa Barat bersama 2 orang santri dari masing-masing pesantren. Ditambah 600 santri kami,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, hadir para pimpinan Forum Pondok Pesantren (FPP) di antaranya KH Yusuf Roni dari FPP Kota Tasikmalaya, KH Maman Lukmanul Hakim dari Kabupaten Tasikmalaya, KH Oyo dari Kabupaten Ciamis, KH Cecep Miftah dari Kabupaten Garut, dan Uston Karim dari Haur Kuning.
Menyikapi dukungan tersebut, Daniel yang merupakan anggota DPR RI mengaku bersyukur mendapat dorongan ulama dan santri. Dia pun memprediksi, penetapan pasangan dengan Ridwan Kamil akan terjadi dalam waktu dekat. “Alhamdulillah ada dukungan dari santri dan ulama. Untuk memantapkan langkah ke depan dalam menghadapi Pilgub. Insya allah minggu depan ada penetapan,” ungkapnya.
Daniel menilai Munaslub Golkar tidak akan mempengaruhi penetapan dirinya sebagai bakal cawagub, mendampingi Ridwan Kamil. Adapun parpol lain yang tergabung di koalisi, harus mempertimbangkan keputusan Golkar. “Munaslub saya kira tidak akan berpengaruh. Kursi Golkar saat ini 17 di DPRD Jawa Barat dibanding parpol lain, teman-teman koalisi harus lihat semuanya dengan utuh,” pungkas dia.(igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.