Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Hasil Pertemuan Guru Mapel Fiqih, Materi Khilafah Tetap Diajarkan

5002
6
DIBAHAS. Para guru Mata Pelajaran Fiqih, Kepala Sekolah Madrasah dan Kepala Sekolah Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pangandaran membahas masalah buku fiqih yang berisi materi tentang Khilafah Sabtu (10/8). Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya
DIBAHAS. Para guru Mata Pelajaran Fiqih, Kepala Sekolah Madrasah dan Kepala Sekolah Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pangandaran membahas masalah buku fiqih yang berisi materi tentang Khilafah Sabtu (10/8). Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran menegaskan buku Mata Pelajaran (Mapel) Fiqih yang berisi materi tentang khilafah, akan tetap digunakan. Hal itu diungkapkan usai pertemuan antara guru Mapel Fiqih seluruh Kabupaten Pangandaran.

Plt Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kemenag Kabupaten Pangandaran Sarip Hidayat mengatakan pihaknya sudah membahas masalah buku Mapel Fiqih tersebut, ada beberapa poin yang dihasilkan dalam pertemuan itu.

”Pertama bahwa materi khilafah itu memang ada dalam silabus yang diberikan Kemenag RI, kemudian para guru berinisiatif untuk men-download e-book yang berisi materi tersebut dari internet dan diajarkan kepada murid-murid Madrasah Aliyah (MA),” ungkapnya kepada Radar saat ditemui di MA 1 Pangandaran Sabtu (10/8).

Untuk itu, Kantor Kemenag Pangandaran tidak bisa memberikan rekomendasi, agar materi tentang khilafah tidak diajarkan kepada murid kelas XII MA. ”Sampai ada pengganti buku tersebut atau ada pengganti dari silabus lain,” jelasnya.

Pihaknya, lanjut dia, bertindak hanya sebagai pelaksana teknis, karena kewenangan pembuatan silabus ada di Kemenag RI.

”Ada usulan dari HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), bahwa materi tentang khilafah ini dimasukan ke dalam Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI,), tetapi hal itu bukan kewenangan kami,” ujarnya.

Ia mengaku khawatir jika masalah khilafah terus diangkat bisa memperburuk citra madrasah. ”Jelas khilafah yang diajarkan kepada murid MA tidaklah berbahaya, tidak mengandung unsur radikalisme,” jelasnya.

Ketua HMI Komisariat Pangandaran Asep Irvan Hilmi mengatakan guru Mapel Fiqih harus selektif dalam menyampaikan materi kepada murid kelas XII MA. ”Kami lebih setuju materi tentang Khilafah ini masuk pada Mapel SKI,” tegasnya.

Ia berharap Kemenag RI bisa bisa menuntaskan masalah buku fiqih tersebut, yang masuk ke dalam Kurikulum 2013. ”Jika sudah ada penggantinya, maka harus disosialisasikan,’ tuturnya.(den)

loading...

6 KOMENTAR

  1. Khilafah Ajaran Islam sumberna di kanjeng Nabi neraskeun titah Gusti Alah swt diajarkan kepada siswa MAN, apa masalahnya? Sekulerisme, demokrasi ajaran Yunani, diajarkan dan diterapkan tanpa pertanyaan dan daya kritis dr nalar kita. Ari maneh saha nu nyiptakeun? lamun maot ditanya nerapkaeun demokrasi atanapi khilafah? Ulah pipilueun jelma nu diluhur nu ngangkat masalah ieu supaya maranehanana meunang korsi jeung dana. Urang mah nu dihandap moal meunang nanaon malahan meunang pang ijid ti Gusti Allah Naudzubillah min dzalik

  2. Khilafah ajaran Islam..tidak usah khawatir berlebihan. Para guru harus lebih giat utk mencari referensi tentang khilafah dari sumber2 yg netral atau sesuai faktanya..jgn bersumber dari kajian yg tendensius atau phobia yg tidak beralasan.

  3. HMI
    Kekhawatiran yg tdk beralasan, mengada2
    Bukankah di dalam Al-Qur’an kita diwajibkan masuk secara kaffah?
    Sudah barang tentu ini termasuk khilafah, apanya yang dikhawatirkan dari khilafah Islam?
    Bukankah Pancasila juga berasal dari ajaran agama Islam?

  4. Ya, silahkan ajarkan tentang ke khalifahan jaman sahabat Rosululloh SAW yang sebenar2nya tanpa ada embel2 politik. Dan tegaskan pula bahwa sistem itu tidak WAJIB serta tegaskan pula bahwa ada agenda terselubung dari gerakan Trans Nasional yg ingin mengkudeta Negara dengan membawa2 Agama. Naudzubillah…

  5. Nauzubillah minzalik yg komentar kayak ini ya khilafah wajib lah karena menerapkan syariat Islam secara kaffah ya wajib tanpa wadah nya khilafah mustahil bisa menerapkan syariat Islam secara kaffah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.