Hasil Swab Test di Kota Banjar Hanya 1 Jam

115
0
SWAB TEST. Petugas pelaksanaan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar melakukan swab test kepada salah seorang warga yang berisiko terpapar Covid-19 belum lama ini.
SWAB TEST. Petugas pelaksanaan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar melakukan swab test kepada salah seorang warga yang berisiko terpapar Covid-19 belum lama ini.

BANJAR – Masyarakat yang menjalani swab test kini tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui apakah positif atau negatif Covid-19. Sebab, hasil swab test akan diketahui tidak sampai satu jam.

Pelaksanaan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar dr H Agus Budiana Ekaputra mengatakan sampel swab tidak perlu lagi dikirim ke Labkesda Provinsi Jawa Barat (Jabar). Hal itu karena reagen PCR portable sudah tersedia di Kota Banjar.

“Mudah-mudahan dalam menentukan hasil swab test hanya sebentar. Ya mulai hari ini (kemarin, Red) swab test sudah diperiksa di RSUD Kota Banjar,” ujar dia kepada wartawan, Senin (12/10).

Menurut dia, proses pemeriksaan swab test kini cepat, tidak sampai satu jam hasilnya bisa diketahui. Apakah seseorangan positif atau negatif Covid-19. “Tidak perlu lagi menunggu lama seperti sebelum-sebelumnya, dulu minimal seminggu lebih baru diketahui hasilnya,” kata dia.

Baca juga : Cegah Covid-19 di Pabrik Gula Langensari Kota Banjar, Polisi Lakukan Ini..

Sementara itu, dia mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan). “Mudah-mudahan wabah Covid-19 cepat hilang agar aktivitas bisa berjalan seperti semula,” ujarnya.

Loading...

Terpisah, Direktur RSUD Kota Banjar dr Ika Lina membenarkan hal itu. Tahap awal RSUD mendapatkan jatah reagen PCR portable sebanyak 200 unit.

Itu, kata dia, digunakan untuk pemeriksaan pasien yang menjalani perawatan di ruang isolasi. “Ya untuk tahap awal sekarang baru 200 unit reagen (alat untuk swab test, Red), selanjutnya ditambah kurang lebih ada 2.000 unit,” ujarnya.

Dikatakan dia, 2.000 unit reagen tersebut untuk persediaan. Pengadaan reagen atau alat pemeriksaan swab test PCR portable menggunakan APBD Kota Banjar. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.