Hasil Ujian Nasional Meningkat

655
0

TASIK – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya menjelaskan nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) jenjang SMP tahun ajaran 2018/2019 meningkat dibanding sebelumnya.

Kepala Bidang Pembinaan SMP pada Disdik Kota Tasikmalaya, Dr H Dadang Yudhistira SH MPd mengatakan nilai UN tahun ini paling tinggi mencapai 389,0 yang diraih dua sekolah, yakni SMP Negeri 1 Tasikmalaya dan SMP Negeri 5 Tasikmalaya. Sedangkan tahun lalu nilai tertinggi diraih peserta didik SMP BPK Penabur dengan nilai 369,0 dari empat mata pelajaran. “Alhamdulillah secara keseluruhan UNBK tahun ini ada peningkatan dari sebelumnya. Bahkan nilai tertinggi diraih oleh dua sekolah berbeda,” paparnya kepada Radar, kemarin.

Peserta didik yang meraih nilai tertinggi yakni Nurindah dari SMP Negeri 1 Tasikmalaya dan Zahra Arya Purnama dari SMP Negeri 5 Tasikmalaya. “Walaupun hasil UN tidak menentukan kelulusan, tapi diharapkan tahun depan nilainya bisa terus mengalami peningkatan. Karena akan menjadi syarat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,” harapnya.

Selain nilai, kata dia, pihaknya pun menargetkan tahun depan semakin banyak sekolah yang menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Mengingat saat ini masih banyak sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK mandiri, namun mereka tetap melaksanakan ujian tersebut dengan bekerja sama sekolah lain. “Untuk menyelenggarakan UNBK secara mandiri harus ada kerja sama dan peran orang tua, masyarakat. Jangan sampai sepenuhnya dibebankan kepada pemerintah dan sekolah,” ungkapnya.

Kepala SMP Negeri 1 Tasikmalaya, H Cecep Susilawan SPd MM mengaku bangga ada anak didiknya yang berhasil meraih nilai tertinggi pada pelaksanaan UNBK tahun ini. “Mudah-mudahan raihan ini menjadi inspirasi bagi yang lain untuk bisa meraih hasil lebih baik,” pungkasnya.(mg1)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.