HATI-HATI..! Jalur Selatan Garut Rawan Longsor

35
0
Ilustrasi
Loading...

TAROGONG KIDUL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, mengimbau kepada pengguna jalan yang melintasi jalur selatan khususnya wilayah Talegong dan Cisewu untuk berhati-hati.

Hal itu karena di musim hujan ini jalan tersebut rawan terjadinya longsor.

”Tiap hujan besar jalan Talegong dan Cisewu sangat rawan longsor, jadi harus hati-hati,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Agus Sopyan, Minggu (27/12).

Tubagus menerangkan, Jalan Talegong dan Cisewu ini merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Bandung dengan Garut wilayah selatan. Sehingga jalan ini sering digunakan masyarakat maupun wisatawan untuk berlibur ke Garut maupun sebaliknya.

Sementara kondisi jalan di wilayah ini sangat rawan terjadinya bencana longsor ketika hujan. Sehingga para pengguna jalan diminta untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintasi jalur ini.

loading...

Baca juga : Banyak Calon Penumpang di Terminal Garut Reaktif Covid-19

”Kalau hujan lebat sebaiknya menghindari jalan ini, karena potensi bencana longsornya sangat tinggi. Contohnya kejadian kemarin waktu mobil terkena longsor,” ujarnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Asep Nugraha menambahkan, pengendara diimbau untuk selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan saat melewati jalur selatan yang memiliki titik potensi longsor saat musim hujan.

Jalur selatan Garut, kata dia, memiliki medan jalan pegunungan yang terdapat jurang dan tebing sehingga harus lebih hati-hati saat melewatinya.

”Pengendara yang melewati kawasan pegunungan untuk berhati-hati, terutama saat hujan,” terangnya.

Jalur selatan lintas Talegong dan Cisewu merupakan jalur menghubungkan sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Garut.

Sejak musim hujan beberapa kali terjadi bencana tanah longsor di Kecamatan Talegong dan Kecamatan Cisewu.

Bahkan bencana longsor di daerah itu pernah merusak pemukiman rumah penduduk, dan menutup badan jalan provinsi sehingga arus kendaraan dari dua arah tidak bisa melewati jalur tersebut. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.