Hebat.. Pemdes Cikunir Tasik Bentuk Relawan Desa Lawan Covid-19

44
0
BIMBINGAN. Relawan Desa Lawan Covid-19 Desa Cikunir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya diberikan pemahaman soal pencegahan virus corona, Kamis (15/10). ISTIMEWA

TASIK – Pemerintah Desa Cikunir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19.

Tujuannya untuk membantu desa dan masyarakat dalam melakukan penjagaan, penyemprotan, pendataan dalam mengarahkan para pendatang supaya melakukan isolasi mandiri.

Baca juga : Kisruh Beras Bau & Berkutu untuk PKH di Puspahiang Tasik, Ini Kata Bulog..

“Peran Relawan Desa Lawan Covid-19 ini sangat penting untuk menegaskan pada masyarakat agar bisa lebih disiplin dalam menjaga diri dan bisa lebih cepat dalam menyelesaikan data-data masyarakat terkait dengan warga yang rentan terkena Covid-19,” ujar Kepala Desa Cikunir H Ibin Arifin kepada Radar, Kamis (15/10).

Ibin mengatakan, kegiatan yang dilakukan Relawan Desa Lawan Covid-19 antara lain menyosialisasikan hidup sehat sebagai pencegahan Covid-19, penyediaan tempat cuci tangan, melakukan penyemprotan disinfektan, penyediaan masker bagi warga desa.

“Relawan Desa Lawan Covid-19 ini nantinya memantau mobilitas masyarakat datang ke desa itu dan melakukan isolasi bagi pendatang yang berasal dari wilayah zona merah,” ujarnya, menjelaskan.

Lanjut dia, dibentuknya relawan ini merupakan bagian realisasi dari dana desa (DD) di tengah pandemi Covid-19. “Berdasarkan kondisi faktual saat ini mereka hadapi, maka kita mengubah peruntukan dana desa untuk tiga kegiatan, pertama bagaimana desa tanggap Covid-19, kedua padat karya tunai desa dan ketiga bantuan langsung tunai,” katanya, menambahkan.

Menurutnya, Relawan Desa Lawan Covid-19 menjadi penting karena ke depannya akan memiliki peran untuk melindungi masyarakat dan pemerintah desa.

Mulai dari ketua RT, ketua RW dan kepala dusun menjadi kunci utama untuk patuh melaksanakan aturan.

Relawan ini juga memiliki tugas mulia untuk melindungi masyarakat dan pemerintah desa melalui apa yang diamanatkan pemerintah melalui kepala desa.

Baca juga : 15 Keluarga di Kota Tasik Jadi Pasien Positif Covid-19

Menurutnya, prinsip yang harus dipegang dalam melaksanakan tugas Relawan Desa Lawan Covid-19 ini adalah prinsip gotong-royong. Ini yang juga terus menerus digaungkan agar permasalahan yang dihadapi bisa selesai.

“Relawan Desa Lawan Covid-19 merupakan salah satu garda terdepan di Desa Cikunir dalam melaksanakan tindakan-tindakan preventif untuk mencegah masuknya virus corona di desa,” ucapnya. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.