Helmi Pantau Penerapan Prokes di Perkotaan Garut

20
0
PANTAU. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, Anggota DPRD Garut Karnoto bersama Forkopimcam Garut Kota melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan di wilayah perkotaan Garut, kemarin.
Loading...

GARUT KOTA – Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman memantau penerapan protokol kesehatan di wilayah perkotaan Garut.Dalam pemantauannya, Helmi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Garut Kota dan anggota DPRD Garut berkeliling menggunakan sepeda.

Selain melakukan pemantauan, Helmi juga memberikan imbauan kepada masyarakat di wilayah perkotaan Garut untuk tertib menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak pada setiap kegiatannya.

”Kita terus perkuat sosialisasi 3M ini kepada masyarakat di tingkat bawah, supaya mereka patuh dalam menerapkan prokes,” ujar Helmi disela-sela pemantauan di Kelurahan Kota Wetan Kecamatan Garut Kota, Rabu (6/1).

Helmi menerangkan, dalam pemantauan di lapangan, memang tingkat kepatuhan masyarakat bawah di wilayah perkotaan Garut masih kurang.

Sehingga pihaknya menginstruksikan seluruh stakeholder, dari mulai RT, RW, kelurahan hingga kecamatan terus menggenjot dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam hal penerapan protokol kesehatan.

Loading...

Baca juga : Oknum Kades Cabuli Gadis di Bawah Umur Diserahkan ke Kejaksaan Garut

”Prokes ini sangat penting untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di lingkungan masyarakat dan keluarga,” ujarnya.

Selain wilayah perkotaan, kata dia, wilayah pedesaan paling parah dalam penerapan prokes. Hal itu karena masyarakat yang ada di desa menilai bahwa Covid-19 tidak ada, sehingga mereka lalai dalam penerapan prokes ini.

“Warga di kampung-kampung menilai bahwa Covid-19 itu tidak ada. Padahal Covid-19 saat ini sudah sampai ke desa. Jadi kami imbau seluruh masyarakat untuk tertib dalam penerapan prokol kesehatan,” ujarnya.

Lurah Kota Wetan, Galih Mawariz mengatakan sedang fokus pada upaya peningkatan kepatuhan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, dan juga persiapan data-data untuk proses vaksin. Untuk penekanan kepatuhan 3M di Kota Wetan, kata dia, saat ini sudah mulai digalakan.

Pihaknya sudah mewajibkan di setiap RW untuk dibangun sarana cuci tangan diluar rumah.“Saya juga suka rewel masalah masker, bahkan saya sering bawa masker kalau ke lapangan, kalau-kalau ada warga yang tidak memakai, saya berikan untuk dipakai.

Apalagi di pusat perbelanjaan seperti di RW 17 dengan menempelkan selebaran, stiker imbauan kepatuhan menjalankan 3M jangan sampai kendor,” pungkasnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.