Hendak Jumatan di Masjid Agung, Suhu Tubuh Sekda Ciamis Tinggi dan Disarankan Istirahat

231
0
ISTIMEWA PERIKSA SUHU TUBUH. Petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis melakukan pemeriksaan suhu tubuh Sekda Ciamis H Asep Sudarman di ruang kerjanya Jumat (20/3).

CIAMIS – Sebelum pelaksanaan salat Jumat, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis mengecek suhu tubuh Sekda Ciamis H Asep Sudarman. Saat itu, Sekda akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Ciamis. Hasil pengecekan, suhu tubuh Sekda saat itu mencapai 37,9 derajat.

Koordinator Lapangan Penanganan Corona Kabupaten Ciamis dr Eni Rohaeni menjelaskan memang benar suhu tubuh Sekda saat diperiksa akan pergi ke Masjid Agung Ciamis itu tinggi.

Baca juga : Libur Sekolah, MTs At-Tarbiyah Sadananya Ciamis Dibobol Maling, Ini Barang yang Hilang..

“Mungkin beliau sedang sakit, makanya kami menyarankan ke beliau untuk istirahat di kantor dan melaksanakan salatnya di kantor saja,” kata dr Eni kepada wartawan Jumat (20/3) siang.

Dokter Eni menjelaskan usia salat Jumat, suhu tubuh Sekda kembali diperiksa. Tim medis menemuinya di rumah dinas Sekda. Hasilnya, suhu tubuhnya 37,1 derajat celcius.

“Namun kata petugas yang melakukan pengecekan, suhu tubuh 37,1 tetap mengandung risiko, maka Pak Sekda disarankan waspada dan istirahat yang cukup,” ujarnya.

Saat Radar menghubungi Sekda Ciamis H Asep Sudarma untuk menanyakan soal suhu tubuhnya yang mencapai 37, 9 dan 37,1 derajat celcius, namun dia tidak mengangkat telepon dari Radar. Sementara itu jemaah yang akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Ciamis mengikuti prosedur pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Jemaah yang akan menunaikan salat Jumat, kemarin, mengikuti pemeriksaan suhu tubuh. Mereka juga mendapatkan hand sanitizer secara cuma-cuma.

Ketua DKM Masjid Agung Ciamis H Wawan S Arifien menjelaskan pihaknya melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan beberapa hari lalu dan menyediakan pencuci tangan atau hand wash di tempat wudhu.

Bahkan, pihak DKM, kata dia, menyediakan mobil ambulance untuk berjaga-jaga dan setiap jemaah yang mau masuk masjid terlebih dulu dicek suhu tubuh oleh petugas dari Dinas Kesehatan.

“Insyaallah di Ciamis aman. Ini sebagai bentuk pencegahan atau ikhtiar yang kami lakukan, termasuk imbauan untuk menjaga kebersihan masjid se-Kabupaten Ciamis telah kami lakukan,” jelasnya.

Kemarin (20/3), Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM juga memimpin rapat Revisi Struktural Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Rapat dilaksanakan di Setda Ciamis. Rapat dihadiri Forkopimda, perwakilan masyarakat, mahasiswa, Organda dan lainnya. “Kita mengantisipasi penanganan. Jangan sampai korban berjatuhan,” ujar Bupati.

Pengadaan alat untuk pencegahan dini Covid-19, kata Bupati, perlu dilaksanakan secepatnya. Termasuk, sosialisasi ke masyarakat dalam menghadapi atau menyikapi Covid-19.

Baca juga : 46 Warga Ciamis ODP Corona, Penyemprotan Disinfektan Mulai Dilakukan

Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD), kata Bupati, sesuai arahan Forkopimda, harus cepat melaksanakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Mereka bisa mempercepat pengadaan anggaran untuk penanganan kasus tersebut.

Bagaimana dengan Pilkades? “Terkait Pilkades yang akan berlangsung di bulan April depan kita akan mengkaji dan melihat kembali situasi dan kondisi ke depannya,” ujar orang nomor satu di Pemkab Ciamis ini. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.