Hentikan Penindasan Muslim Uighur!

36
Iman S Rahman / Radar Tasikmalaya SOLIDARITAS. Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ciamis mengutuk penindasan muslim Uighur saat aksi solidaritas di Kompleks Kantor Pemda Ciamis, Kamis (20/12).

CIAMIS – Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis melaksanakan aksi solidaritas atas penindasan terhadap warga muslim Uighur di Provinsi Xinjiang, Cina, Kamis (20/12). Mereka menyampaikan keprihatinannya itu di Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah (Pemda) dan DPRD Kabupaten Ciamis.

Ketua HMI Cabang Ciamis Hernawan menyebutkan banyak muslim Uighur yang dibunuh pemerintahan Cina. Mereka juga dilarang menganut kepercayaannya. Sikap pemerintah tersebut merupakan tindakan yang tidak manusiawi. “Sudahi penindasan Uighur atau kalian warga China angkat kaki dari Indonesia,” terangnya.

HMI juga mendorong Pemkab Ciamis untuk menyampaikan sikap kepada pemerintah pusat. Karena, penghentian penindasan muslim minoritas Uighur itu perlu peran serta dari pemerintah. Apabila pemerintah diam saja, HMI tidak segan-segan untuk mengusir warga etnis Cina di Ciamis.

Pemerintahan Cina, kata Hernawan, seharusnya menjamin muslim Uighur dalam menganut agamanya. Bukan malah membantainya. “Kami HMI mengecam dan mengutuk keras tindakan pemerintah Cina,” tegasnya.

Koordinator lapangan (korlap) aksi HMI Cabang Ciamis Aos Firdaus menyatakan aksi solidaritas ini bukan karena yang ditindas itu adalah warga muslim. Tetapi lebih kepada kemanusiaan. Semua pihak tentu sepakat bahwa penindasan atau penjajahan itu tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. “Kami mengimbau pemerintah daerah sampai pusat untuk menekan pemerintahan Cina supaya segera menyudahi penindasan atas muslim Uighur,” ungkapnya.

Asisten Daerah (Asda) II Kabupaten Ciamis Dr H Wasdi MSi mengapresiasi dan mendukung solidaritas HMI atas penderitaan muslim Uighur. “Pemerintah Ciamis juga mendukung pemerintahan pusat untuk andil dalam menyelesaikan permasalahan tersebut,” tutur dia. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.