Hibah Terbesar di Priatim

193
0
Loading...

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya tercatat sebagai penerima hibah terbesar di Priangan Timur (Priatim) dengan nominal Rp 141.985.400.000 untuk tahun 2018. Hal itu diungkapkan Pemerhati Anggaran dari Perkumpulan Inisiatif Bandung Nandang Suherman kepada Radar, Kamis (24/5).

“Terbesar di Priangan Timur sesuai data yang didapatkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang penyaluran dana hibah daerah,” ujarnya.

Menurut Nandang, dari ke tujuh daerah yang ada di Priangan Timur Kabupaten Garut menerima hibah sebesar Rp 107.768.854.972, Kabupaten Ciamis Rp 95.603.700.000, Kota Tasik Rp 66.731.300.000, Kabupaten Pangandaran Rp 28.777.050.000 dan Kota Banjar Rp 17.234.498.731.

“Saya melihat dana hibah Kabupaten Tasikmalaya selalu besar setiap tahunnya. Padahal tidak termasuk daerah yang kaya. Apalagi masih banyak persoalan infrastruktur yang belum selesai dan menjadi keluhan masyarakat,” ungkapnya.

Kemudian pemkab harus memperketat dalam penyaluran dana hibah yang diperuntukan bagi maysarakat.

Loading...

“Jangan sampai ada satu lembaga, organisasi atau yayasan yang bisa menerima dana hibah dua kali dalam waktu satu tahun,” paparnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tasikmalaya Drs Nana Rukmana MM membenarkan dana hibah yang diterima pemkab tahun ini mencapai Rp 141 miliar. Akan tetapi besarnya dana hibah tersebut berdasarkan kesepakatan antara eksekutif dan legislatif.

“Jadi hibah ini hasil pembahasan tim TAPD, juga kesepakatan eksekutif dan legislatif yang kemudian dituangkan di APBD. Artinya bukan dinas keuangan saja yang menentukannya,” jelasnya.

Nana mengaku akan lebih memperketat persyaratan lembaga atau yayasan yang mengajukan proposal untuk dana hibah.

“Seperti biasanya dana hibah disalurkan ke lembaga atau organisasi kepemudaan, yayasan, pesantren dan lainnya ,” kata nya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.