Hiburan Pesta Pernikahan di Banjarsari Ciamis Dibubarkan

34
0
istimewa. DIBUBARKAN. Polsek Banjarsari Kabupaten Ciamis membubarkan hiburan di acara pesta pernikahan warga Desa Cibadak Kecamatan Banjarsari, Rabu (10/2/2021).
istimewa. DIBUBARKAN. Polsek Banjarsari Kabupaten Ciamis membubarkan hiburan di acara pesta pernikahan warga Desa Cibadak Kecamatan Banjarsari, Rabu (10/2/2021).
Loading...

CIAMIS – Polsek Banjarsari bersama Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Banjarsari membubarkan hiburan pesta pernikahan warga di Dusun Wanayasa RT/RW 07/02 Desa Cibadak Kecamatan Banjarsari, Rabu (10/2/2021).

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana SIK MSi melalui Kapolsek Banjarsari Kompol Badri SH mengatakan, dalam rangka pencegahan Covid-19 terus dilakukan pengawasan dan pendisiplinan protokol kesehatan setiap harinya.

Mulai dari memasifkan kegiatan operasi yustisi dan pemberian masker hingga penindakan langsung berupa pembubaran kegiatan masyarakat yang dapat menimbulkan kerumunan.

“Itu kami lakukan bersama-sama aparat pemerintahan desa, Babinsa,  puskesmas dan ketua BPD Desa Cibadak. Salah satunya kami telah membubarkan hiburan dalam acara pernikahan karena tidak melakukan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, pembubaran ini dilakukan dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan. Kegiatan masyarakat ini diindikasikan akan menimbulkan kerumunan warga yang nantinya menjadi tempat penyebaran virus corona.

loading...

Sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan Bupati Ciamis Nomor 1 Tahun 2021 sekaligus instruksi Mendagri No 1 Tahun 2021 tentang penerapan PPKM yang saat ini berskala mikro.

“Maka kegiatan masyarakat seperti itu untuk sementara tidak diperbolehkan karena dapat menjadikan tempat penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Baca juga : Polres Ciamis Perketat Penerapan Prokes

Lanjut dia, dalam aturan PPKM mikro dijelaskan tidak boleh melaksanakan acara yang dapat menimbulkan kerumunan warga. Terlihat kegiatan masyarakat di Dusun Wanayasa Desa Cibadak itu menyediakan alat hiburan musik yang diindikasi nantinya akan menimbulkan kerumunan warga.

Maka dari itu, kata dia, pihaknya berharap kepada masyarakat untuk selalu mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dengan cara yang sederhana yakni 5M, menakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan. “Disiplin protokol kesehatan menjadi kunci bersama memutus rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Lanjut dia, dalam pelaksanaan pembubaran kegiatan masyarakat ini dilakukan dengan cara humanis dan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Setiap petugas selalu menggunakan masker dan berusaha untuk selalu menjaga jarak.

“Kami datang menyampaikan dengan bijak serta mereka  kita sarankan bubar atau mengurangi jumlah tamu yang datang, karena itu agar tidak ada penyebaran corona lebih luas lagi,” ujarnya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.