Hidupkan Kembali Program Transmigrasi

67
0
Ade Suprianto
Ade Suprianto

PANGANDARAN – Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran memastikan program transmigrasi akan dibuka kembali tahun depan.

Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran Ade Suprianto mengatakan pihaknya akan mengajukan kembali kuota untuk transimgrasi tahun 2020.

”Kita akan mengajukan sebanyak 5 sampai 10 kepada provinsi dan insya allah anggarannya ada,” ujarnya kepada Radar, Kamis (28/11).

Tetapi, dirinya belum bisa menyebutkan secara detail anggaran yang akan dikeluarkan untuk kegiatan transmigrasi. namun yang jelas anggaran tersebut digunakan bagi akomodasi keberangkatan, peninjauan dan lain-lain. ”Nanti saya sampaikan kalau sudah jelas,” ucapnya.

Menurut dia, tahun 2018 program transmigrasi memang tidak ada sama sekali, padahal peminatnya sangat banyak. ”Sudah ada yang mengajukan itu juga, tapi sayangnya program ini terhenti di 2018,” ujarnya.

Lanjut dia, para transmigran nantinya akan diberi fasilitas tanah di perantauan, mereka diharuskan menggarap tanah tersebut. ”Nantinya akan ditengok satu kali dalam setahun, apakah mereka berhasil atau tidak,” ucapnya.

Biasanya daerah tujuan transmigrasi adalah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. ”Dalam beberapa tahun terakhir, kebanyakan tujuan transmigrasi yakni menuju Sulawesi,” jelasnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.