ISSI Hidupkan Sirkuit BMX Ciamis yang Mati Suri

151
0
ISTIMEWA PERTANDINGAN. Para peserta saat menjajal sirkuit BMX Ciamis pada BMX Super Cross Bupati Cup, Sabtu-Minggu (28-29/12).

CIAMIS – Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Ciamis menghidupkan kembali sirkuit BMX dengan menyelenggarakan BMX Super Cross Bupati Cup, Sabtu-Minggu (28-29/12).

Sirkuit yang berada di Cigembor Kecamatan Ciamis tersebut sempat mati suri usai perhelatan PON Jabar XIX pada 2016.

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya menjelaskan, sedikitnya ada 119 rider BMX dari berbagai daerah berlaga di 15 kelas yang dilombakan pada BMX Super Cross Bupati Cup.

Pesertanya ada dari Kota Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Pangandaran, Garut, Cimahi , Sumedang, Bandung, Kuningan dan Bekasi. Bahkan ada dari Jawa Tengah, seperti Cilacap, Yogyakarta, Kendal, Jepara hingga Tumenggung.

“Kita berharap atlet asli Ciamis dapat menampilkan kemampuan terbaik serta event ini dapat memotivasi para atlet muda Ciamis untuk terus berlatih dan meraih prestasi di event besar nantinya,” kata bupati.

Dia berharap atlet-atlet muda asal Ciamis lebih maju dan bila memenangi kompetisi akan diberi bonus. Adapun event tersebut merupakan salah satu latihan uji tanding menghadapi kompetisi yang lebih besar.

“Perlu kami sampaikan juga harus hati-hati ini sirkuit BMX Ciamis karena cukup ekstrem dan menantang,” tutur dia.

Ketua ISSI Ciamis Andang Firman menerangkan, pada kompetisi tersebut ada 15 kelas yang dipertandingkan. Di antaranya challenge boys dan challenge girls usia lima tahun sampai dengan 16 tahun.

Kemudian, man and women junior hingga man and woman elite dengan peserta usia 19 tahun ke atas.

Kejuaraan itu pertama kali dilaksanakan di Ciamis dengan sirkuit berskala nasional. Sirkuit ini memang harus dimanfaatkan dengan menggelar kejuaraan-kejuaraan akbar.

“Bahkan di event sekarang ini, kami mengundang para pelajar, guna menyaksikan tujuannya untuk menarik minat para pelajar terhadap sepeda BMX. Bila berminat atau tertarik bisa ikut berlatih dan menjadi atlet sepeda BMX,” kata dia.

BMX Super Cross Bupati Cup, kata dia, juga menjadi wadah penjaringan bibit-bibit atlet sepeda BMX. Untuk membina atlet itu tentu tidak bisa instan, melainkan butuh waktu cukup lama.

“Kami harap banyak atlet-atlet BMX dari Ciamis yang lahir dan menorehkan prestasi yang gemilang,” kata dia.

Rian (17), salah seorang penonton mengapresiasi kejuaraan sepeda itu. Dulu, sirkuit tersebut sangat sepi kegiatan. Sekarang hidup kembali.

“Makanya saya senang kalau ada pertandingan sepeda BMX dan hobi juga, sekaligus mengisi liburan sekolah,” tutur dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.