Hindari Longsor Susulan, BPBD Kota Tasik Evakuasi Batu Besar di Bukit Bekas Galian C

1692
0

KOTA TASIK – Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan, longsor yang menimpa 2 rumah di Kampung Bungkil, Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, diakibatkan hujan deras yang terus turun.

Pihaknya mengevakuasi batu besar dengan ukuran diameter sekitar 1,5 meter yang ada di puncak bukit bekas galian C di Kampung Bungkil, karena khawatir kembali terjadi longsor.

“Pokoknya malam ini evakuasi batu besar di puncak bukit harus beres lantaran jika terjadi hujan lagi dikhawatirkan longsor susulan,” ujar Ucu kepada wartawan, Kamis (29/10) malam.

Terang dia, petugas BPBD saat ini masih melakukan upaya menyingkirkan batu dengan menggunakan peralatan yang dimilikinya.

Lantaran tak memungkinkan untuk digali dengan linggis, BPBD pun memutuskan untuk menyemprot bagian bawah batu dengan air yang disedot dari sungai.

“Kalau pakai linggis sangat berbahaya karena tanahnya sudah tidak keras, sehingga kami lakukan penyemprotan. Kami juga pasang lampu untuk menerangi saat proses evakuasi malam ini,” terangnya.

Ucu menambahkan, dalam proses evakuasi tersebut ada dua buah batu yang berada di puncak bukit.

Pihaknya telah memasang tali di ke 2 batu untuk ditarik ke lokasi bekas galian C yang berlawanan arah dengan pemukiman warga.

“Kalau korban sudah kami evakuasi ke rumah saudaranya yang tak jauh dari rumah korban. Untuk evakuasi material longsor yang masuk ke rumah menunggu beres evakuasi batu besar di puncak bukit dulu,” tukasnya.

Proses evakuasi batu besar dipuncak bukit tersebut berhasil dilakukan para petugas BPBD Kota Tasikmalaya, tengah malam.

(rezza rizaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.