Hindari Penyakit, Selektif Pilih Makanan

27
0
RAMAH. Kepala Seksi Kesehatan Keliling, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kota Banjar Rusyono SKM MM saat diwawancara di kantornya Jumat (27/12). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
RAMAH. Kepala Seksi Kesehatan Keliling, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kota Banjar Rusyono SKM MM saat diwawancara di kantornya Jumat (27/12). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Banyak penyakit yang disebabkan karena faktor makanan. Makanya, makanan yang dikonsumsi tentu harus dijaga kebersihannya supaya tetap sehat sebelum masuk ke dalam tubuh. Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Kesehatan Keliling, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kota Banjar Rusyono SKM MM.

“Jenis makanan atau minuman yang masuk dalam tubuh kita harus dipastikan bersih dan sehat,” ujarnya kepada Radar, Jumat (27/12).

Menurut dia, masyarakat harus jeli dan teliti saat mengonsumsi makanan atau minuman, apalagi saat makan di luar rumah seperti di restoran atau rumah makan.

Masyarakat akan lebih aman jika mengonsumsi makanan di rumah makan atau restoran yang sudah berstatus laik sehat dari Dinas Kesehatan. Laik sehat ini dibuktikan dengan sertifikat yang terpampang di rumah makan atau restoran.

“Laik sehat rumah makan atau restoran sangat penting, dalam menjamin makanan yang dikonsumsi sehat atau tidak,” tegasnya.

Makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat khususnya pelanggan rumah makan harus terjamin kesehatannya. Mulai dari peralatan, sayuran, hingga penjamah yang masak, mengolah hingga yang menyajikan bersih atau tidak.

Di sini pentingnya laik sehat rumah makan atau restoran yang merupakan salah satu persyaratan sebelum mendirikan rumah makan. Tidak hanya perizinan pembangunannya saja tapi kesehatan makanannya pun ada labelnya, sehat atau tidak.

“Dari sekian rumah makan atau restoran yang ada di kota Banjar, baru enam yang sudah laik sehat,” jelasnya. (nto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.