HJG Menjadi Momentum Pengentasan Kemiskinan

40
PENGENTASAN KEMISKINAN. Bupati Garut H Rudy Gunawan dan Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman saat peringatan Hari Jadi Garut.Yana Taryana / Rakyat Garut

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan menjadikam Hari Jadi Garut (HJG) Ke-206 sebagai momentum dalam mengentaskan kemiskinan. Hal tersebut diungkapkan Bupati Garut H Rudy Gunawan.

“Saya dengan Pak Helmi menjadikan HJG ini sebagai momentum kami dalam mengentaskan kemiskinan di Garut,” ujar bupati kepada wartawan Minggu (17/2).

Menurut dia, program pengentasan kemiskinan merupakan program lanjutan dari periode sebelumnya. Dalam periode sebelumnya, pasangan Rudy-Helmi berhasil menurunkan tingkat kemiskinan sebanyak 3,2 persen, dari angka 12,47 tahun 2014 menjadi 9,27 tahun 2018. “Kami targetkan pada tahun 2024 mendatang kemiskinan itu ditekan menjadi 5 persen,” ujarnya.

Dalam menekan angka kemiskinan, pihaknya melaksanakan berbagai upaya, seperti mengadakan program bantuan rumah tidak layak huni (rutilahu), pemberdayaan masyarakat, memperbanyak lapangan kerja di bidang industry serta program lainnya yang bisa berpengaruh dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Garut.

“Kami terus genjot bantuan rutilahu. Tahun ini ada bantuan 3.000 unit dan tahun depan ada 5.000 unit. Kami targetkan tahun 2024 Insyaallah semua tidak lagi ada rumah tidak layak huni,” katanya.

Selain progran pengentasan kemiskinan, Hari Jadi Garut juga sebagai upaya introspeksi serta perbaikan di berbagai sektor, salah satunya melakukan perencanaan dalam hal ini pembuatan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). “Ini jadi introspeksi kami ke depan dalam perbaikan kinerja pasangan Rudy-Helmi di periode ke-2 ini,” terangnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.