HKN Kota Tasik, Hamil Nyaman & Sehat di Masa Pandemi

59
0
WEBINAR. Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Universitas Bhakti Kencana, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) PC Kota Tasikmalaya dan didukung Radar Tasikmalaya Group melaksanakan webinar bertema Hamil Nyaman dan Sehat di Masa Pandemi Sabtu (7/11). Foto kanan, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) PC Kota Tasikmalaya Dr Hj Atit Tajmiati AM.Keb S.Kep Ners MPd saat menjadi salah satu narasumber dalam webinar. foto-foto: UJANG NANDAR / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Hamil Nyaman dan Sehat di Masa Pandemi. Itulah tema zoom meeting (webinar) Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Webinar yang digelar Sabtu (7/11/2020) itu dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Universitas Bhakti Kencana dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) PC Kota Tasikmalaya serta didukung Radar Tasikmalaya Group.

Narasumber dalam seminar itu, dr Dadan Sofian Sp KFR MKes CH; Qanita Wulandara, SST, MKeb; Eneng Daryanti SST MKes dan Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) PC Kota Tasikmalaya Dr Hj Atit Tajmiati AM.Keb S.Kep Ners MPd.

Hj Atit mengatakan, dasar pengambilan tema Hamil Nyaman dan Sehat di Masa Pandemi karena selama ini banyak masyarakat atau ibu hamil ragu. Mereka cemas datang ke bidan atau dokter untuk mengecek kondisi kandungannya. “Karena untuk kondisi saat ini sebelum dicek kondisi harus ada cek Covid sebelum diperiksa,” ujar Hj Atit.

Padahal, setiap ibu hamil ditemukan di lapangan, mereka ingin nyaman bila mendapatkan layanan pengecekan kehamilan. “Biasanya mereka ini datang kapan saja untuk mengecek kehamilannya itu, di masa saat ini tidak lagi seperti itu karena ada batasannya. Makanya kami laksanakan seminar melalui virtual,” kata Hj Atit menjelaskan.

Terlebih, kata Hj Atit, di IBI PC Kota Tasikmalaya ada program Halobid (Halo Bidan), sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kebetulan Dinas Kesehatan juga dalam HKN ini ada juga program pengabdian pada masyarakat jadi cocok kegiatan ini bila bekerja sama, untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu hamil di massa pandemi,” kata dia menjelaskan.

Konselor Halobid tidak hanya ada di Polteks Kemenkes, melainkan ada di puskesmas, rumah sakit, universitas lainnya, seperti Umtas dan UBK.

“Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat bisa mengetahui akan cara hamil yang aman dan nyaman di massa pandemi,” kata Hj Atit membeberkan.

Untuk mengetahui cara menghadapi kehamilan di masa pandemi, kata Hj Atit, masyarakat bisa mengakses Halobid atau langsung datang melakukan pengecekan kehamilannya. “Khususnya dalam kehamilan muda dan kehamilan lanjut,” ujarnya.

Menurut Hj Atit masa pandemi bukan sesuatu yang menakutkan. Karena sejatinya virus sudah ada sejak dulu. Kini tinggal masyarakat menyikapinya dengan menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar. Seperti melaksanakan 3 M: memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak.

“Makanya kami juga menjelaskan faktor-faktor menjadi sakit yang diakibatkan oleh virus Covid-19 dan juga cara pencegahannya, khususnya kepada ibu hamil,” kata dia.
Kehamilan, kata Hj Atit, bisa dijaga dengan baik. Termasuk dalam melakukan pengecekan kehamilannya.

“Selama kehamilan itu mereka hanya memiliki kewajiban empat kali. Meski saat ini Kemenkes sudah menetapkan enam kali selam kehamilan,” kata dia.

Melalui webinar tersebut, ibu hamil diajak memahami kapan harus melakukan pengecekan ke bidan dan dokter. Karena kehamilan harus disambut positif dan gembira.

Jadi, apapun yang terjadi di lingkungan, ibu hamil harus betul-betul menjaga kehamilannya dengan suasana enjoy, nyaman senang dan juga sehat.

Webinar dengan tema Hamil Nyaman dan Sehat di Masa Pandemi, kata dia, merupakan tahapan pertama karena tahapan kedua akan membahas cara relaksasi selama kehamilan.

“Nantinya itu akan kami berikan cara relaksasi kehamilan agar ibu betul-betul rileks selama hamil,” kata Hj Atit menjelaskan. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.