Aktivis Ikut Awasi Pemerintahan yang Bersih dan Bebas Korupsi

HMI Ciamis Menggandeng KPK

20
AKTIVIS ANTIKORUPSI. Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ciamis periode 2018-2019 foto bersama dengan Asesor Kompetensi dan Penyuluh Anti Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Renny Andriani SPd MPd CAAT (delapan dari kanan) usai pelantikan dan studium generale Rabu (6/2) di Ciamis.ISTIMEWA

CIAMIS – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberantas korupsi. Kaum aktivis mahasiswa ini melakukan pengawasan kepada pemerintah. Caranya, mereka bekerja sama dengan Asesor Kompetensi dan Penyuluh Anti Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Renny Andriani SPd MPd CAAT.

Renny menjadi pembicara dalam rangkaian pelantikan pengurus HMI Cabang Ciamis di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Rabu (6/2).

“Tentunya kami menggelar acara studium generale bertema Memahami, Mencegah dan Memberantas Korupsi di Lingkungan Daerah Kabupaten Ciamis,” jelas Ketua HMI Cabang Ciamis Hernawan Kamis (7/2) di sekretariat HMI di Jalan Kelurahan Kertasari Kabupaten Ciamis.

Kaum aktivis mahasiswa ini mengaku mendapatkan banyak ilmu dari studium generale tersebut. Secara garis besar, kata Hernawan, penyebab korupsi karena greed (rakus), opportunities (kesempatan), need (kebutuhan) dan expose (eksitensi/pamer). “Perilaku seperti itulah yang tidak boleh ada pada lingkungan kehidupan berbangsa dan bernegara karena merugikan semuanya. Bahkan kami, HMI juga dititipkan pesan dari KPK, Ibu Renny bahwa agar melakukan 3 L yakni lihat, lawan dan laporkan (3L). Tentunya pesan tersebut akan kami terapkan guna memberantas korupsi di Kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Setelah HMI dan KPK sepakat bekerja sama, kata dia, pihaknya berharap pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Ciamis bersih, transparan dan pembangunan terlaksana dengan baik.

“Kami menggandeng KPK untuk bekerja sama memantau, mengawasi bahkan tidak segan melaporkan pihak-pihak yang merugikan negara bila melakukan tindak pidana korupsi,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.