HMI Kota Tasik Ingatkan Bahaya Hoax Merambah Anak Muda

13
DEKLARASI. HMI Cabang Tasikmalaya mendeklarasikan perang melawan hoax di Gedung Pendopo Lama, Selasa (30/10).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAWANG – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tasikmalaya menyelenggarakan diskusi publik terkait peranan pemuda di era digital di Gedung Pendopo Lama, Selasa (30/10). Hoax disinyalir menjadi virus yang merusak persatuan bangsa.

Dalam diskusi publik tersebut hadir Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf SIK SH, tenaga ahli utama kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kepresidenan Wandy N Tutoroong juga Ganjar Darussalam dari DNC Media, mahasiswa, OKP dan santri.

Ketua penyelenggara Adam Nur Falah menyebutkan kegiatan tersebut didasari keprihatinan HMI atas merebaknya bibit-bibit perpecahan antarmasyarakat. Hal ini disinyalir oleh hoax yang beredar di internet khususnya media sosial (medsos).

“Berangkat dari itulah perlu ada diskusi untuk membahas hoax ini,” ujarnya.
Ketua Bidang Mahasiswa dan Kepemudaan HMI Tasikmalaya Yoga Ahmad Fauzi menjelaskan bahwa dalam 24 jam, 70 persen waktu para pemuda dihabiskan dengan menggunakan gadget. Maka dari itulah kalangan muda seakan menjadi sasaran empuk peredaran hoax. “Di era digital seperti sekarang hampir semuanya setiap hari pasti sering menggunakan gadget,” katanya.

Dalam diskusi tersebut, muncul beberapa langkah yang perlu dilakukan guna meminimalkan hoax. Pertama adalah pencerdasan pemuda dalam menyikapi setiap informasi yang beredar di internet. “Pemuda harus terus diingatkan supaya cerdas dalam menerima informasi yang beredar,” tuturnya.

Selain itu, perlu juga aksi perlawanan terhadap hoax dengan menyebarkan informasi-informasi positif yang faktual. Dengan banyaknya penyajian informasi positif maka hoax sendiri pun sedikit demi sedikit bisa terkuras. “Jadi kita harus penuhi ruang publik digital dengan hal-hal positif dan tidak menyesatkan,” terangnya.

Pada kesempatan itu, di­la­ku­kan juga deklarasi per­la­wa­nan terhadap hoax. Para pe­­muda berkomitmen untuk me­nyelamatkan generasi mile­­nial dari ancaman hoax yang memecah belah bangsa. (rga)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.