HMI Pangandaran Soroti Minimnya Parpol yang Usung Kader

187
0
Loading...

PANGANDARAN – Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Pangandaran menyoroti proses demokrasi di Kabupaten Pangandaran menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Aktivis HMI Pangandaran Aos Firdaus megatakan sebagian partai politik sangat lemah dalam merespons proses demokrasi di Pangandaran, hal itu dilatarbelakangi oleh gagalnya dalam mencetak kader di partainya masing-masing.

”Sebentar lagi Pilkada Pangandaran akan dimulai dan tidak ada lagi partai yang mau mengusung calon yang akan melawan Jeje-Adang,” tuturnya kepada Radar, Minggu (2/2).

Menurutnya, belum ada tanda-tanda dari partai diluar koalisi Jihad tahun 2015 lalu, yang akan mengusung calon mereka di Pilkada.

”Tidak ada penyeimbang, partai politik itu masih terkesan dingin,” terangnya.

Baca Juga : Meresahkan, Spanduk Dukungan Politik tak Bertuan Dicabut Kesbangpol Pangandaran

Lanjut dia, warga Pangandaran banyak menanti-nanti munculnya sosok penyeimbang sosok Jihad, yang diusung oleh partai di luar koalisi.

”Bisa jadi partai-partai di luar koalisi tahun 2015 itu bergabung dengan Jihad dan akan tercipta lawan kotak kosong,” ujarnya.

Loading...

Ia khawatir seandainya nanti yang terjadi adalah lawan kotak kosong, maka kepercayaan terhadap partai politik akan menurun.

”Maka ancaman kemunduran demokrasi akan terjadi dan partisipasi pemilih bisa saja ikut menurun,” jelasnya.

Dirinya menambahkan perlu ada pemahaman demokrasi dan pentingnya pendidikan politik kepada masyarakat.

Baca Juga : Meresahkan, Spanduk Dukungan Politik tak Bertuan Dicabut Kesbangpol Pangandaran

”Ini bahaya juga terhadap partai pengusung calon, karena mungkin bisa saja masyarakat banyak yang memilih kotak kosong, tapi kita lihat saja nanti,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Kabupaten Pangandaran H Jeje Wiradinata mengaku sudah menghadap PDIP Provinsi Jawa Barat dan berkomunikasi dengan beberapa partai politik untuk menghadapi Pilkada 2020.

”Kalau partai yang sudah fiks masuk koalisi, itu masih dirahasiakan,” kata Jeje. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.