Honorer Dihapus Asal Jadi PNS, Di Ciamis Masih Ada 905 Tenaga Honorer

328
0
Asep Wardiawan Koordinator Daerah Perkumpulan Honorer Kategori Dua Indonesia (PHK2I) Kabupaten Ciamis

CIAMIS – Status pegawai yang bekerja di instansi pemerintah selain pegawai negeri sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), ke depan tidak ada lagi. Itu setelah pemerintah dan DPR RI sepakat untuk menghapus tenaga honorer di lingkungan pemerintahan.

“Nantinya secara bertahap tidak ada lagi jenis pegawai seperti pegawai tetap, pegawai tidak tetap, tenaga honorer dan lainnya,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arif Wibowo dalam risalah rapat yang diadakan di ruang rapat Komisi II, gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, seperti dikutip FIN Selasa (21/1).

Baca juga : Kemenag : Gaji Honorer Tidak Boleh Dipotong

Dia mengatakan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) hanya mengenal dua jenis status kepegawaian secara nasional, yaitu PNS dan P3K.

Meskipun pelaksanaannya bertahap, tapi harus dipastikan tidak ada lagi status pegawai di luar dari yang telah diatur oleh undang-undang.

“Sementara saat ini (faktanya) masih ada. Bahkan di daerah-daerah masih mengangkat pegawai kontrak. Dan yang mengenaskan, mereka dibayar, masuk dalam kategori barang dan jasa, bukan lagi SDM. Yang seperti ini tidak kompatibel dengan undang-undang yang sudah berlaku,” papar Arif.

Wakil Ketua Komisi II Saan Mustofa menambahkan penghapusan tenaga honorer bukan berarti menghapus pegawainya.

Hanya mengganti istilah honorer menjadi P3K. Dia bilang transisi pegawai honorer menjadi P3K akan dilakukan secara bertahap.

Pegawai yang sudah lama mengabdi sebagai tenaga honorer menurutnya akan diprioritaskan untuk mengikuti seleksi P3K. “Diprioritaskan mereka-mereka yang sudah honorer lama,” beber dia.

Selain itu, instansi pemerintah juga tidak diperbolehkan lagi mengangkat tenaga honorer. Hal itu sesuai dengan ketentuan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Masih Ada Sisa Honorer

Koordinator Daerah Perkumpulan Honorer Kategori Dua Indonesia (PHK2I) Kabupaten Ciamis Asep Wardiawan menjelaskan, tenaga honorer di Ciamis awalnya 980 kemudian sebanyak 75 menjadi P3K. Jadi kini, 905 masih berstatus honorer.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.