Horee.. Pesawat Hercules Sudah Bisa Mendarat di Lanud Wiriadinata Kota Tasik

1422
2

KOTA TASIK – Pesawat pengangkut logistik dan evakuasi saat terjadi bencana kini telah bisa mendarat di Lapangan Udara (Lanud) Wiriadinata, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya.

Kali pertama prosesi pendaratan pesawat Hercules type C-130 HS/L-100-30 dengan nomor pesawat A-1318 tersebut dilakukan Senin (13/07) siang.

Jadi kedepan tak hanya pesawat CN235 saja yang mendarat di Wiriadinata. Namun pesawat Hercules pun bisa.

Wali Kota Tasik, Budi Budiman mengaku landing perdana pesawat Hercules ini adalah kali pertama.

Selama ini belum pernah ada pesawat Hercules mendarat di Lanud Wiriadinata.

“Ini (uji coba, Red) terkait dengan kajian dari pemerintah pusat, khususnya daerah Tasik dan tak hanya untuk kota saja,” ujar Budi kepada radartasikmalaya.com.

Loading...

Terang Budi yang ditemui usai menyaksikan pendaratan perdana Hercules, uji coba ini untuk memastikan kedepan jika terjadi bencana alam maka untuk proses evakuasi dan pengiriman logistik bisa menggunakan pesawat Hercules.

“Kan daerah Priangan Timur ini rawan bencana. Dalam situasi bencana ini perlu evakuasi, dukungan logistik dan sebagainya. Dalam situasi darurat ini pesawat yang paling efektif. Karena berbicara waktu. Dan ini adalah uji coba pertama pesawat Hercules masuk ke Bandara Wiriadinata,” terangnya.

“Alhamdulillah uji coba ini berjalan lancar sehingga kami tenang, walaupun kita tak berharap ada musibah segala macam,” ujarnya. Tapi persiapan segala resiko yang terpahit harus kita siapkan. Artinya jika terjadi suatu hal perlu dukungan logistik dan evakuasi, Hercules sudah bisa masuk ke Priangan Timur melalui Wiriadinata,” sambungnya.

Jelas dia, landing Hercules ini adalah sejarah dan pertama kali masuk Tasik karena biasanya pesawat CN235 yang sering mendarat di Lanud Wiriadinata.

“Ini pesawat kita lihat sendiri tadi di dalamnya sangat luas dan secara nasional jika terjadi bencana untuk evakuasi dan logistik adalah pesawat ini. Jadi Alhamdulillah lancar dan kedepan kita bisa antisipasi bencana,” jelasnya.

Hal senada dituturkan Danlanud Wiriadinata, Letnan Kolonel Nav Ali Sudirman Pasaribu SH.

Kata dia, sesuai dengan data pihaknya landing perdana Hercules di Lanud Wiriadinata ini adalah yang pertama kalinya.

“Seperti kita ketahui bersama, 3 tahun ini ada perpanjangan runway. Sehingga sangat memungkinkan untuk Hercules masuk ke Lanud kita. Bahwa Priangan Timur ini masuk daerah rawan bencana sehingga kita harus menyiapkan rencana kontijensi,” tuturnya.

Uji coba perdana pesawat Hercules tipe C-130 A1318 tersebut yang menjadi pilot adalah Danskuadron Udara 31, Letkol Pnb Yulius Marvin dari Lanud Halim Perdana Kusumah, Jakarta.

Wakil Wali Kota, HM Yusuf, Kapolresta Tasik, AKBP Anom Karibianto, dan Wakil Ketua DPRD Kota Tasik, Nurul Awalin turut menyaksikan.

Berikut videonya: 

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

2 KOMENTAR

  1. Bukan yang pertama.
    Ingat dulu tahun 1960- ada yang namanya Operasi Geser, di Lanud Cibeureum ( Wiriadinata) ” disimpan” Hercules.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.