Espanyol vs Barcelona

Hormati Tim Tetangga

5

BARCELONA – Barcelona akan melakoni derby Catalan kontra Espanyol di RCDE Stadium, dini hari nanti. Setelah pertunjukan bagus mereka musim ini, Barcelona kini harus lebih menghormati Espanyol.

Di bawah kendali pelatih Joan Francesc Ferrer “Rubi”, Espanyol musim ini memang sudah tidak boleh dipandang sebelah mata lagi. Hingga jornada ke-14 La Liga, mereka mampu bersaing di zona Eropa.

Meski masih di posisi ketujuh klasemen sementara La Liga, Espanyol berada sangat dekat di belakang tim empat besar.

Dengan koleksi poin 21, mereka hanya terpaut tiga angka dari Alaves yang ada di posisi keempat. Khusus dengan Real Madrid yang ada di peringkat kelima, Borja Iglesias dan kawan-kawan hanya berselisih dua angka saja.

Rekor kandang mereka di RCDE Stadium juga bisa jadi alasan Barca untuk waspada. Tim asuhan Rubi, memenangkan lima pertandingan kandang pertama mereka di La Liga sebelum tergelincir dengan kekalahan 1-3 dalam derby Catalan lainnya melawan Girona pada jornada ke-13, dua pekan lalu.

Fakta bahwa sudah 11 tahun Los Pericos tidak pernah memenangkan derby Barcelona La Liga di depan fans sendiri jelas akan membuat mereka akan semakin termotivasi.

Bukan mustahil, kemenangan atas klub tetangga yang sudah ditunggu-tunggu fans Espanyol akan dinikmati akhir pekan ini.

Menyongsong laga ini, Espanyol bermodal kemenangan 1-0 atas Cadiz di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Tak hanya memastikan langkah ke babak 16 besar Piala Raja, kemenangan tersebut juga mengakhiri rentetan tiga laga tanpa kemenangan Espanyol.

Rubi pun mengklaim bahwa Espanyol kini sangat percaya diri menyambut Barca. “Ini diperlukan untuk lolos putaran berikutnya dan mendapatkan kepercayaan diri, kami akan berpikir tentang Sabtu (Minggu),” kata mantan asisten pelatih Barcelona tersebut di El Desmarque.

Mantan pemain Espanyol, Luis Garcia mengatakan, dengan performa bagus mereka sejauh ini, anak asuh Rubi perlu mendapat respek tinggi dari semua lawannya.

“Espanyol menuntut penghormatan dan semua orang tahu mereka adalah tim yang kuat,” kata Garcia tentang kebangkitan tim di bawah Rubi dikutip Reuters.

Kembali ke puncak klasemen setelah mengalahkan Villareal, pekan lalu, Barca pastinya tidak ingin membiarkan Espanyol memperbaiki rekor pertemuan mereka yang tak pernah menang di La Liga sejak 2009.

Karena itu, Pelatih Barca, Ernesto Valverde akan menyiapkan komposisi terbaiknya untuk laga ini.

Lionel Messi, Philippe Coutinho, dan Ousmane Dembele yang kembali menemukan permainan terbaiknya akan langsung diturunkan Valverde di lini serang.

Opsi lain, Valverde akan menyiapkan Luis Suarez yang sudah berlatih lagi bersama Arthur setelah cedera lutut memaksanya absen tiga laga.

Pemain lain yang bisa menjadi “senjata rahasia” Valverde adalah Denis Suarez. Saat menang 4-1 atas Cultural Leonesa di Copa del Rey, Denis Suarez mencetak dua gol dan Valverde mengaku puas dengan kinerjanya.

“Dia telah mencetak dua gol dan sangat aktif dalam serangan,” kata Valverde di Lavanguardia.

Denis Suarez menegaskan siap bermain di derby ini. “Saya merasa sangat baik di lapangan. Mari kita lihat apakah saya akan bermain pada hari Sabtu (Minggu, Red). Keputusan akhir selalu bergantung pada pelatih. Saya hanya ingin bermain,” tegasnya di Barca Blaugranes.

Espanyol belum bisa diperkuat Naldo dan Sergio Garcia di laga ini. Sementara di kubu Barca, selain Sergi Roberto, Rafinha dan Samuel Umtiti yang sudah dipastikan absen, hanya Malcom yang masih diragukan kondisinya.

“Malcom keseleo. Kami akan menunggu sampai besok (kemarin), saya tidak ingin terburu-buru,” jelas Valverde. (amr/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.