Hotel Harus Memiliki Apar

209

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PANGANDARAN – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran melakukan pemeriksaan alat pemadam kebakaran di salah satu hotel di kawasan Pantai Barat, Pangandaran Kamis (11/1).
Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pemadam Kebakaran, merangkap Manager Pusdalops PB Kabupaten Pangandaran Nana Sukarna mengatakan, pemeriksaan apar merupakan implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 21 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung, serta Peraturan Bupati Pangandaran Nomor 15 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran di Kabupaten Pangandaran.
“Perlu dilakukan pengecekan berkala untuk memastikan peralatan pemadam kebakaran gedung berfungsi dengan baik,” ungkapnya kepada Radar.
Pria yang akrab disapa Una ini menjelaskan pihak hotel harus menjamin kenyamanan dan keamanan pengunjung, sehingga diperlukan upaya pengurangan risiko bencana. “Salah satunya wajib menyediakan alat pemadam kebakaran. Kemudian ada jalur evakuasi yang jelas dan mudah terlihat tamu hotel,” ujarnya.
Ia menjelaskan regulasi petunjuk pelaksana pemeriksaan alat pemadam kebakaran baru dibuat tahun 2017. “Kami sudah mulai menyosialisasikan Perbub terkait ke beberapa hotel dan SPBU bulan April lalu,” ujarnya.
Namum demikian, Bidang Pemadam Kebakaran belum mengetahui data primer hotel yang sudah memiliki standar pengamanan kebakaran. “Bidang Damkar ini baru karena alihan dari Dinas Pekerjaan Umum. Belum ada data primer yang kami dapat, ke depan kita akan benahi,” ungkapnya.
Menurut Una, pengetahuan alat pemadam kebakaran gedung bagi para pegawai hotel saat ini masih minim, karena itu diperlukan upaya pelatihan khusus. “Berikut juga simulasi, Hotel Emerald yang kami periksa siap menjadi vionir untuk melaksanakan simulasi kebakaran dan juga tsunami,” ujarnya.
Selama ini, kata dia, belum pernah dilaksanakan simulasi pemadam kebakaran secara khusus di hotel. “Insya Allah sesuai road map kami akan laksanakan tahun ini,” ujarnya. (nay)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.