HPPI Ingatkan Pemkot soal IMB

22

TAWANG – Himpunan Pedagang Pasar Indihiang (HPPI) mengingatkan kembali Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya untuk serius menindak aktivitas pembangunan di lahan eks Subterminal Indihiang yang belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) baru.

Ketua HPPI Zein Muhammad menilai pemkot seolah membiarkan aktivitas pembangunan di lahan yang berjarak ratusan meter dari Pasar Indihiang itu. Padahal, dalam pertemuan yang melibatkan pemkot, perwakilan pedagang kala itu sudah disimpulkan bahwa aktivitas pembangunan harus berhenti sebelum IMB dikantongi pengelola lahan. “Di mana keseriusan pemerintah sebagai pemegang kebijakan yang menjalankan aturan. Dalam audiensi kan jelas, hentikan dahulu proses pembangunan. Per hari ini kita perhatikan masih saja ada aktivitas pembangunan,” tutur dia saat mendatangi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tasikmalaya, Jumat (8/2).

HPPI melayangkan kembali surat kepada Wali Kota Tasikmalaya, DPUPR, dan Satpol PP-Damkar. Dalam surat tersebut, pihaknya menuntut semua proses pembangunan di eks Subterminal Indihiang itu ditindak bila tidak mengurus IMB. “Sekaligus pemkot harus memberi konsekuensi ketika ada pihak yang tidak patuh aturan. Ini sudah berulang kali, kita ingin hukum ditegakkan tanpa terkecuali,” ujar dia.

Dia pun mendorong dinas teknis supaya bergerak. Sebab, biasanya Satpol PP tidak akan langsung melaksanakan eksekusi ketika belum ada langkah dari dinas teknis. “Maka saya datang ke DPUPR supaya mengetahui sejauh mana mereka melangkah. Setahu kami, harus ada teguran dulu,” kata dia.

Kepala DPUPR Kota Tasikmalaya H Adang Mulyana menyatakan sudah menginstruksikan bawahannya untuk mengawasi kondisi di lapangan. Untuk sementara, dia belum menerima laporan dari bawahannya terkait hasil pengecekan itu. “Kebetulan saya hari ini baru masuk setelah cuti berobat. tim pengawasan dan pengendalian (wasdal) kami sudah melaksanakan pengawasan ke lokasi, akan ditindaklanjuti secepatnya mengingat IMB yang lama sudah tidak berlaku lagi,” ujar dia. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.