Hujan Deras, 10 Rumah dan Pohon di Kota Tasik Roboh

96
0

KOTA TASIK – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang terjadi di Kota Tasikmalaya, Jumat (20/12) sore, mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mendata, setidaknya 10 rumah warga mengalami rusak ringan hingga rusak sedang.

“Kebanyakan atap rumah beterbangan,” unar Manajer Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kota Tasikmalaya, Harisman kepada radartasikmalaya.com, Jumat (20/12) malam, usai talkshow di Radar TV.

Terang dia, selain menyapu atap rumah warga, angin kencang juga membuat satu rumah rusak pada bagian dinding. Dinding rumah itu mengalami kerusakan berupa retak-retak.

Harisman menduga, hal itu disebabkan konstruksi bangunan tak begitu kuat menahan angin kencang yang terjadi. Meski begitu, rumah warga yang mengalami kerusakan umumnya masih dapat ditempati.

BPBD juga telah memberikan bantuan terpal, sehingga air hujan tak masuk ke dalam rumah jika hujan kembali terjadi.

Selain menyebabkan rumah rusak, hujan yang terjadi sekitar 1 jam pada Jumat sore di Kota Tasik membuat sejumlah pohon roboh.

Setidaknya terdapat tiga pohon tumbang di wilayah Kecamatan Indihiang. Petugas BPBD Kota Tasikmalaya langsung melakukan penanganan.

Dengan begitu, lalu lintas kendaraan yang terdampak pohon tumbang dapat kembali normal.

Hingga saat ini, BPBD belum menerima laporan adanya korban akibat bencana yang terjadi pada Jumat sore. “Tapi masih kita terus melakukan pengecekan,” beber pria berkacamata ini.

Harisman menandaskan, intensitas hujan pada Desember ini masih akan terus meningkat.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim di Kota Tasikmalaya akan terjadi pada Desember dan nanti akan meningkat pada Februari 2020.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.