Hujan Deras, 2 Wilayah di Pameungpeuk Garut Banjir

135
0
bpbd for rakyat garut BANJIR. Pengendara motor melintasi jalan yang tergenang air kemarin.

PAMEUPEUK – Hujan deras yang mengguyur wilayah selatan Garut Jumat siang (13/11), mengakibatkan puluhan rumah di dua desa di Kecamatan Pameungpeuk terendam banjir.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pecegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan mengatakan, akibat hujan deras, selain terjadi banjir juga terjadi longsor.

Banjir terjadi di dua wilayah yakni Kampung Cidahon Desa Jatimulya dan Kampung Mancagahar Desa Mancagahar.

Sementara longsor terjadi di Kampung Cikaracak Desa Pameungpeuk Kecamatan Pameungpeuk.

“Untuk korban jiwa maupun luka tidak ada, hanya saja puluhan rumah terendam banjir,” ujar Tubagus saat dihubungi Rakyat Garut, tadi malam.

Baca juga : 56 Ribu Hektare Lahan di Garut Memprihatinkan

Menurut dia, saat kejadian banjir ketinggian air yang menggenangi rumah di dua wilayah sekitar 40 sentimeter.

Selain merendam rumah, banjir juga menggenangi jalan nasional lintas pantai selatan di wilayah tersebut. “Saat banjir, akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan. Tetapi saat ini sudah surut dan aktivitas masyarakat juga sudah biasa lagi,” terangnya.

Sedangkan kejadian longsor, kata dia, hanya menutup akses jalan yang menghubungkan antar Desa Pameungpeuk dan Desa Bojong.

Saat ini akses jalan terasebut sudah bisa dilalui, karena material longsor sudah dibersihkan. “Saat ini petugas dari BPBD Garut juga bersiaga di lokasi kejadian untuk mengantisipasi jika terjadi banjir susulan,” terangnya.

Mengenai warga yang rumahnya terendam banjir, Tubagus menegaskan tidak ada warga yang mengungsi, karena air yang menggenangi rumah cepat surut, sehingga masyarakat kembali lagi ke rumahnya masing-masing.

“Tidak ada yang mengungsi, banjirnya juga cepat surut,” terangnya.

Tubagus mengimbau masyarakat, khususnya di wilayah selatan Garut meningkatkam kewaspadaan. Karena intensitas hujan masih terus akan terjadi di wilayah selatan. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.