Hujan Deras Disertai Angin Kencang Menerjang Kota Banjar, 17 Bangunan Tertimpa Pohon

75
POHON TUMBANG. Warga dan BPBD Kota Banjar memotong pohon yang menimpa salah satu rumah Kamis sore (10/1).

BANJAR – Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang sebagian wilayah Kota Banjar menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa 17 rumah milik warga. Rumah rusak terjadi di Kelurahan Bojong Kantong Kecamatan Langensari, Desa Rejasari, Desa Mulyasari dan Kujangsari.

“Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.30. Kami langsung turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan penindakan. Untuk tingkat kerusakan variatif dari sedang sampai berat. Ada juga pohon yang tumbang ke jalan raya,” kata Kepala Pelaksana BPBD dan Damkar Kota Banjar Yayan Herdiman Kamis (10/1).

Beruntung, kata Yayan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja warga masih cemas dan panik karena cuaca buruk masih terjadi. “Sebagian warga ada mengungsi ke tempat saudaranya karena kondisinya sudah tidak layak ditempati,” katanya.

Slamet, salah satu warga Dusun Citangkolo RT 004 RW 001 Desa Kujangsari Kecamatan Langensari menjadi korban. Rumahnya tertimpa pohon. Saat kejadian, dirinya bersama istri dan kedua anaknya bergegas ke luar rumah ketika angin kencang menerpa kampungnya.

“Melihat kondisi angin yang sangat kencang saya mengajak keluarga yang ada di rumah untuk kelur rumah karena takut kejadian buruk menimpa kami. Tidak lama ternyata pohon tumbang dan menimpa atap rumah,” katanya.

Kades Kujangsari Ahmad Mujahid mengimbau masyarakat selalu waspada dengan kondisi cuaca ekstrem saat ini.

“Jika ada pohon besar yang dekat dengan rumah dan kiranya membahayakan, harap ditebang saja daripada menimbulkan hal yang membahayakan,” katanya.

Sementara itu Pemerintah Kota Banjar melalaui BPBD terus memantau lokasi. Selain mengevakusi pohon yang menimpa rumah warga, BPBD juga terus mendata rumah yang terdampak angin puting beliung. (cep)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.