Hujan Deras ‘Hantui’ Kota Tasik, 1 Rumah Diterjang Longsor

456
0

KOTA TASIK – Musim hujan mulai turun di wilayah Kota Tasikmalaya. Akibat hujan deras, berbagai bencana menerjang rumah di Kota Tasik dan Kabupaten Tasik, Senin (25/11).

Informasi yang radartasikmalaya.com himpun, di Kota Tasik tepatnya di Jalan Ampera RT 3, RW 7, Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, sebuah rumah berukuran 2 x 6 meter longsor bagian ruang tamu, kamar dan dapur.

Kejadian ini terjadi pulul 09.00 WIB. Rumah itu berada di Tembok Bagian Tebing (TPT) yang berada di pinggir Sungai Cidukuh. Rumah ini ditinggali Caca Firmansyah (58), beserta istri dan anaknya.

“Kemarin sore hujan deras (24/11) airnya naik ke atas setinggi 1,5 meter. Lalu air yang deras menggerus pinggir dinding sungai jadi terjadi retakan. Pagi tadi longsornya,” ujar Caca kepada radartasikmalaya.com.

Terang dia, karena lantai rumah sempat retak 2 bulan lalu, dia dan keluarga sempat pindah ke lokasi rumah yang tidak retak. “Pas hujan banyak sampah dan eceng gondok yang ikut terbawa arus air. Jadi air naik setinggi 1,5 meter. Tinggi rumah dari sungai sebenarnya 3 meter, tapi kemarin jadi naik airnya,” terangnya.

Dia menambahkan, rumah ini bangunan lama. Dibangun tahun 1970 dan belum pernah direhab. “Rumah inu 3 ruangan yang kena, yaitu bagian depan, kamar dan dapur. Tiba-tiba ambruk saja. BPBD dan Polisi sudah turun ke lokasi. tadi,” tambahnya.

Dia berharap kondisi longsor tak bertambah. Karena retakan masih terliat di TPT dekat rumahnya yang longsor. “Semoga saat hujan deras lagi tak ada longsor. Karena saat ini sudah ada retakan lagi,” harapnya.

Di lokasi, pihak BPBD sudah melakukan pemantauan. Kepala Pelaksana BPBD, Ucu Anwar menandaskan, pihaknya akan terus memantau lokasi ini agar kondisi longsor tak merambat ke bangunan rumah lainnya.

(rezza rizaldi / radartasikmalaya.com)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.