Ibu & Anak Positif, Tim Covid-19 Kota Banjar Swab Test 38 Orang Kontak Erat

96
0
MEMANTAU. Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih didampingi Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny SIK, MH melakukan pengecekan protokol kesehatan di pusat kota Rabu (21/10). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
MEMANTAU. Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih didampingi Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny SIK, MH melakukan pengecekan protokol kesehatan di pusat kota Rabu (21/10). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Tim pelaksana Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar bergerak melakukan swab test terhadap mereka yang kontak erat dengan ibu dan anak terkonfirmasi positif Covid-19.

Pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar Budi Hendrawan mengatakan hingga saat ini sudah ada 38 orang yang menjalani swab test warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut.

“38 orang tersebut disinyalir kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar dia kepada wartawan, Rabu (21/10).

Dia menjelaskan berdasarkan hasil tracking di lapangan, jumlah kontak erat dengan pasien positif sebanyak 42 orang. Namun hanya 38 orang saja yang mau di-swab test. Sisanya enggan menjalani swab test.

Dari jumlah itu, lima orang merupakan warga luar Banjar dan sisanya warga Kota Banjar. “Ya namanya juga pedagang, aktivitas mobile-nya cukup tinggi. Maka dari itu kita harus tetap waspada, meski ada yang mengatakan saya tidak terlalu dekat dengan yang bersangkutan, tapi kita masukkan mereka dalam kategori berisiko terpapar Covid-19,” jelasnya.

Baca juga : Kota Banjar Bisa Belajar Tatap Muka, Asal..

Dikatakan dia, meski ada beberapa orang yang enggan melakukan swab test, namun mereka diingatkan selalu disiplin dan sadar melaksanakan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) atau protokol kesehatan (prokes).

“Hal itu upaya mencegah dari penularan Covid-19. Karena bagaimana pun, jika tidak disiplin tetap saja bisa tertular,” ujarnya.

TERUS CEK PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN
Sementara itu, Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih didampingi Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny SIK, MH melakukan pengecekan prokes ke sejumlah pusat pertokoan di pusat kota dan Pasar Banjar. Kepada para pemilik pertokoan dan warga yang kedapatan tidak patuh menerapkan protokol masih diingatkan selalu memakai masker.

“Ini masih ada yang tidak pakai masker, padahal mereka bawa. Makanya kalau tidak dipakai, nanti disanksi,” tandasnya.

Dirinya selalu mengingatkan dan menyadarkan masyarakat selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 atau 3M, minimal pakai masker jika keluar rumah.

“Kan tidak ada salahnya cuma pakai masker. Jadikan masker sebagai gaya hidup baru, supaya tidak tertular wabah Covid-19. Meski kita lelah dan capek, tapi kita tidak boleh mengeluh. Harus terus ingatkan dan sadarkan masyarakat,” pungkasnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.