Ibu & Anak Tertimpa Genting, Belasan Rumah di Banjarsari dan Pamarican Ciamis Dihantam Pohon Tumbang

24
0
Tagana bersama TNI/Polri dan masyarakat melakukan evakuasi pohon yang tumbang menimpa badan jalan di Banjarsari, Senin (8/2/2021). FOTO-FOTO: ISTIMEWA EVAKUASI.
Loading...

CIAMIS – Angin kencang yang terjadi pada Senin (8/2/2021) pukul 15.00 mengakibatkan puluhan pohon tumbang dan menimpa belasan rumah. Akibat kejadian ini ibu dan anak tertimpa genting sehingga dibawa ke puskesmas terdekat.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi mengatakan, angin kencang yang disertai hujan deras terjadi di Kecamatan Banjarsari dan Pamarican yang mengakibatkan belasan rumah rusak tertimpa pohon tumbang.

“Beruntung korban hanya luka ringan dan telah ditangani oleh puskesmas,” katanya.

Lanjut dia, selain menimpa rumah, pohon besar yang tumbang pun menimpa kabel listrik di Jalan Raya Banjarsari sehingga menyebabkan arus lalu lintas sempat macet sebelum dilakukan evakuasi.

“Kami berusaha bersama masyarakat, TNI dan kepolisian bertahap menyingkirkan pohon yang tumbang,” ujarnya.

loading...

“Untuk pohon-pohon yang menimpa rumah pun secara bertahap sudah dilakukan evakuasi. Namun, karena keburu malam akhirnya akan dilanjutkan besok evakuasi pohonnya,” katanya, menambahkan.

Melihat kondisi cuaca saat ini, kata dia, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada. Apalagi yang berada di Ciamis Selatan, daerah tersebut rawan berbagai bencana alam, sehingga kewaspadaan harus benar-benar ditingkatkan.

Rika (40), warga Kecamatan Pamarican mengaku kaget saat hujan disertai angin kencang melanda.

“Cukup kaget dan rumah terasa bergetar karena angin dan hujannya begitu kencang. Saya kira terjadi gempa, ternyata pohon dekat rumah tumbang dan menimpa bagian atap,” kata dia.

“Setelah kejadian tersebut, saya bersama keluarga lainnya langsung keluar menyelamatkan diri. Karena situasi angin masih kencang dan khawatir terjadi pohon tumbang,” ujarnya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.