Idrisiyyah Juara Umum Pesantren Sehat Tingkat Kabupaten Tasik

97
0
ISTIMEWA MEMBANGGAKAN. Ponpes Idrisiyyah meraih juara umum Lomba Pesantren Sehat tingkat Kabupaten Tasikmalaya. Ponpes Idrisiyyah meraih juara untuk kategori juara pertama kategori pengembangan ekonomi pesantren, juara dua pada kategori manajemen dan juara dua kategori kesehatan lingkungan.
Loading...

TASIK – Pondok Pesantren Idrisiyyah menjadi juara umum Lomba Pesantren Sehat tingkat Kabupaten Tasikmalaya. Dalam lomba yang di­se­lenggara­kan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan Forum Pondok Pesantren itu, Idrisiyyah menjadi juara dalam tiga kategori yaitu juara pertama kategori pengembangan ekonomi pesantren, juara dua pada kategori manajemen dan juara dua kategori kesehatan lingkungan.

Direktur Pendidikan Idrisiyyah Ustaz Asep Deni MPd mengatakan, lomba tersebut dilak­sana­kan oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang bekerja sama dengan Forum Pondok Pesantren dan Kementerian Agama dalam rangkaian Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2020.

”Dari tiga kategori itu dibagi kembali menjadi tiga kategori pondok pesantren yakni kecil, menengah dan besar. Untuk Idrisiyyah sendiri masuk kategori pesantren besar,” kata Ustaz Asep Deni, Selasa (8/12).

Adapun tim penilai perlombaan pesantren sehat yaitu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tasikmalaya dan Kementerian Agama (Kemenag).

“Untuk pengumumannya pada hari Jumat tanggal 4 Desember yang bertempat di Masjid Agung Baiturrahman. Alhamdulillah ketiga kategori menjadi juara untuk kategori pondok pesantren besar,” ungkap Ustaz Asep Deni.

Loading...

Ustaz Asep Deni menjelaskan, jika diibaratkan perlombaan olimpiade, gelar juara yang diraih Idrisiyyah di lomba untuk kategori tersebut: Ponpes Idrisiyyah meraih satu emas dan dua perak. ”Dengan begitu Idrsiyyah ini merupakan pesantren yang banyak mendapatkan medali untuk kate­gori pesantren besar,” kata dia.

Ustaz Asep Deni juga meng­apresiasi program dari Pemkab Tasikmalaya dan Kemenag tersebut. Karena dengan adanya program tersebut, pondok pesantren di Kabupaten Tasikmalaya akan lebih terpacu dalam meningkatkan kualitas manajemen, kebersihan lingkungan dan pengembangan ekonomi pesantrennya.

”Ini akan menjadi motivasi untuk kita untuk terus berusaha mengembangkan ke tiga kategori ini ke depannya,” ujar Ustaz Asep Deni.

Tiga kategori yang di­lomba­kan itu, kata Ustaz Asep Deni, menjadi tuntutan bagi pesantren untuk terus fokus meningkatkan kecerdasan umat, meningkat kualitas manajemen dan meningkatkan kesehatan lingkungan dan ekonomi.

”Apalagi konsep kebersihan ini adanya di pesantren,” ujarnya menjelaskan.

“Termasuk pengembangan ekonomi sesuai undang-undang pesantren ada sosial kemasyarakatan di dalamnya pengembangan ekonomi,” kata Ustaz Asep Deni menerangkan.

Ustaz Asep Deni juga mengatakan pondok pesantren saat ini harus menye­suaikan kondisi zaman. Selain tugas uta­ma­nya mencetak santri yang saleh dan salehah yang didasari oleh ilmu agama, pesantren pun tidak melupakan kaitannya manajemen, kebersihan lingkungan dan peningkatan ekonomi.

”Targetnya terus meningkatkan tiga kategori ini,” kata Ustaz Asep Deni.

Prestasi-prestasi yang diraih Idrisiyyah dalam perlombaan tersebut, kata Ustaz Asep Deni, meningkatkan kepercayaan bahwa Idrisiyyah betul-betul fokus dalam peningkatan ketiga kategori tersebut: kategori manajemen, kesehatan dan ekonomi.

”Kita akan buktikan bahwa mereka (para juri) tidak salah memberikan penilaian itu. Bahkan bisa lebih dari itu,” ujar Ustaz Asep Deni.

Ustaz Asep Deni berharap lomba tiga kategori untuk pesan­tren tersebut terus dilaksanakan setiap tahun guna meningkatkan kualitas tiga kategori yang dilombakan.

”Sejauh ini baru ada di tingkat kabupaten saja, kala ada tingkat Provinsi Jawa Barat kami akan ikutan. Karena dengan adanya lomba tersebut ada dampaknya,” kata dia.

Ustaz Asep Deni berharap dengan adanya lomba tersebut bisa meningkatkan kualitas ma­na­jemen pesantren, kesehatan lingkung pesantren dan ekonomi pesantren di Kabupaten Tasikmalaya. ”Mudah-mudahan ini menjadi motivasi seluruh pesantren di Kabupaten Tasikmalaya dalam peningkatan tiga kategori ini,” ujar Ustaz Asep Deni berharap. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.