IGD RSUD Ciamis Kebanjiran, Server Masih Rusak

103
0
SELAMATKAN. Anggota BPBD Ciamis menyelamatkan server yang kehujanan di RSUD Ciamis kemarin. ISTIMEWA

BPBD Ciamis Sebut Penyebab Atap RSUD Ambruk karena Bencana
CIAMIS – Server milik RSUD Ciamis sampai Rabu (21/10) masih rusak. Saat ini masih dalam perbaikan Dinas Kominfo Kabupaten Ciamis. Itu akibat dari ambruknya atap lantai dua RSUD Ciamis tiga hari lalu.

Direktur RSUD Ciamis dr Rizali Sofyan menjelaskan karena server di RSUD masih rusak, maka pelayanan masih manual.

Baca juga : Polsek Sidamulih Ciamis Gencarkan Sosialisasi 3M Pada Warga

“Kalau pendaftaran saja pakai komputer, namun kalau untuk akses data dan sebagainya belum bisa karena servernya masih rusak,” ujar dr Rizali kepada Radar, Rabu pagi (21/10).
“Server itu harus diselamatkan, karena semua data RSUD, termasuk tentang BPJS Kesehatan di sana,” ujarnya membeberkan.

Hardware server RSUD masih rusak karena terkena air hujan. Namun seberapa parah kerusakannya, dia belum bisa memastikannya. “Apakah bisa terselamatkan atau tidak,” ujarnya.

Agar server lebih aman, pihak RSUD sudah memindahkan server dan komputer ke ruang rekam medis. “Lebih aman di sana,” kata dia.

Tak hanya server yang masih bermasalah, akibat ambruknya atap lantai dua RSUD, pada Selasa malam (20/10), lantai satu yang biasa dipakai IGD terendam air hujan. Karena Ciamis dan sekitarnya pada Selasa malam diguyur hujan lebat.

“Di atasnya atapnya rusak. Air itu dari lantai atas hingga ke bawah menuju tangga,” ceritanya. “Jadinya sempat kebanjiran ke bawah, “ paparnya.

Manajemen RSUD Ciamis, kata dr Rizali, berkumpul membahas pembangunan kembali ruang IGD Ciamis.

Adapun soal penyebab atap lantai dua RSUD ambruk, kata dia, sudah dilaporkan ke Bupati. “Jadi laporannya karena bencana hujan,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis H Okta Jabal Nugraha ST menjelaskan soal pembangunan kembali atap RSUD, memang harus disegerakan.

Direktur RSUD Ciamis mengusulkan pembangunan kembali atap lantai dua tersebut kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Nanti dari TAPD diarahkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk diputuskan. Setelah itu dibangun oleh Dinas PUPRP.

Bagaimana dengan anggarannya? Sumber dananya, karena sekarang APBD Perubahan sudah berjalan dan tahap evaluasi serta sudah disetujui dewan, bisa menggunakan dana tidak terduga. Dengan catatan, ambruknya atap tersebut karena bencana alam oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Nantinya oleh pemerintah ada pos anggaran dari biaya dana tidak terduga,” paparnya.

Baca juga : 2 Warga Ciamis Tewas, 1 Terbakar 1 Menggantung di Pohon Aren

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis Dadang Darmawan menjelaskan bahwa hasil assessment, penyebab atap lantai dua RSUD Ciamis ambruk, diduga karena bencana alam.

“Diduga karena guyuran hujan kondisi bangunan yang sudah lama sehingga ambruk. Jadi memang karena bencana alam,” ujarnya menjelaskan. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.