Indonesia Berambisi Jadi Raksasa Ekonomi Digital

7

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Sektor ekonomi digital kian menggeliat. Pertumbuhannya pesat. Di kawasan Asia, Indonesia berpeluang menjadi raksasa ekonomi digital.

Langkah strategis pun mulai disusun pemerintah. Terutama melahirkan SDM yang kreatif dan melek teknologi.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengatakan, ekonomi digital berpotensi tumbuh tumbuh hingga USD200 miliar.

“Pertumbuhan pasar ekonomi digital terus melejit. Olehnya, kita harus menyiapkan SDM yang bisa menggerus pasar di sektor itu,” ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Senin (15/10).

Kata Airlangga, setidaknya dibutuhkan 17 juta SDM yang melek teknologi. Target ini dicanangkan tercapai pada 2030 mendatang.

Betapa besarnya pasar digital, kata dia, tak mampu lagi dipungkiri. Raksasa digital tanah air, seperti Gojek, Bukalapak, hingga Tokopedia telah membuktikannya.

“Ini bagian dari revolusi industri 4.0. Dalam roadmap kita telah menyusun rencana untuk meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi digital, 4.0. Kita prediksi jika target tercapai kita bisa capai USD200 miliar pada 2030 mendatang,” tandasnya.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara, berujar, pasar digital memang bisa dikembangkan pada segala sektor.

Semua mekanisme pasar yang dikelola dengan konvensional kini bisa dipermudah dengan menghadirkan aplikasi.

“Sistem yang berbasis teknologi juga memberi cakupan jaringan luas. Bahkan tak terbatas. Maka tak heran jika ekonomi digital menjadi pasar yang sangat menjanjikan dan bisa dikembangkan oleh siapapun,” ungkapnya.

Menurut Rudiantara, pihaknya pun kini telah mulai mendorong para pelaku ekonomi untuk melirik potensi pasar digital. Di sektor pariwisata misalnya.

Indonesia bersama Australia telah mengembangkan aplikasi untuk mengontrol jumlah wisatawan Austarlia yang masuk ke Indonesia.

“Jadi kita juga perkenalkan potensi wisata kita yang tersebar dari berbagai pulau. Australia pun sangat tertarik untuk itu,” tandasnya.

Revolusi di bidang pendidikan juga siap menyambut gebrakan ekonomi digital. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menrisktekdikti), Muhamad Nasir, mengatakan, perkembangan teknologi tak bisa dibendung. Pergeraknya cenderung dinamis.

(RDI/FIN)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.