Indonesia Harus Punya UU Khusus Sawit

6

JAKARTA – Indonesia harus segera memiliki undang-undang (UU) khusus tentang sawit. Sebab sawit sudah ditetapkan sebagai komoditas strategis nasional sehingga harus dilindungi. Itu dikatakan anggota Komisi II DPR RI Firman Subagyo.

Dia yakin bila INdonesia memiliki UU khusus yang mengatur dan melindungi kelapa sawit, sulit bagi pihak-pihak tertentu untuk melakukan kampanye hitam terhadap produk perkebunan nasional. “UU ini diperlukan karena industri kelapa sawit terbukti telah menjadi penopang ekonomi nasional,” katanya Minggu (14/4).

Polisi Partai Golkar itu menyatakan saat ini disinyalir terdapat sejumlah pihak berusaha keras menghambat atau bahkan ingin menggagalkan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perkelapasawitan yang masih dalam tahap harmonisasi di Badan Legislasi (Baleg) DPR.

Menurut dia, Eropa selalu menghambat perkembangan industri kelapa sawit Indonesia karena ingin melindungi komoditas pertaniannya. Apalagi, lanjut dia, Eropa merupakan produsen bunga matahari dan rapeseed sebagai bahan baku minyak nabati yang keduanya kompetitor kelapa sawit. Kedua komoditas pertanian tersebut produktivitasnya kalah jauh dibandingkan kelapa sawit. (ant/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.