Infrastruktur Fiber Optik Mulai Dibangun

44

INDIHIANG – Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akan membangun infrastruktur fiber optik (FO) sebagai penunjang utama konektivitas jaringan internet. Sarana itu sebagai salah satu aspek dalam mewujudkan smart city atau yang kini disebut Tasik Berbudi (Berbudaya Digital).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tasikmalaya H Asep Maman Permana MSi mengungkapkan biaya yang dibutuhkan dalam membangun jaringan FO itu tidak sedikit. Otomatis tidak cukup hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Untuk itu kita menjalin kerja sama dengan pihak ketiga atau investor. Alhamdulillah sudah dapat, mereka siap untuk membangun infrastruktur, syaratnya harus ada perwalkot untuk mengesahkan kerja sama tersebut,” tuturnya, Minggu (10/2).

Saat ini, kata dia, regulasi tentang kerja sama itu sudah rampung. Pemkot tinggal mengatur pelaksanaan dan bentuk kerja sama dengan pihak ketiga tersebut.

“Kenapa memerlukan kerja sama, karena di Bandung saja kita lihat sampai Rp 1,4 triliun. Sementara pemkot sendiri keterbatasan dari sisi anggaran dan berat apabila mengandalkan daerah,” tutur dia.

Selain membangun infrastruktur utama yakni FO, pemkot juga berencana membangun konektivitas jaringan internet di 300 titik yang anggarannya dibiayai APBD Kota Tasikmalaya sekitar Rp 4,6 miliar. “Itu mencakup seluruh stakeholder di lingkup pemkot seperti dinas, kecamatan, kelurahan puskesmas bahkan sekolah,” ucap Asep.

Dia berharap dimulainya pembangunan FO serta konektivitas ke seluruh instansi lingkup pemerintahan, program smart city yang dijargonkan selama bertahun-tahun bisa mulai dirasakan. Salah satunya kemudahan akses informasi terhadap masyarakat. “Kita harap langkah yang sudah digalakkan seperti penyusunan detail engineering design (DED), infrastruktur jaringan, nantinya bisa terasa. Kita laksanakan ini secara bertahap,” ujar Asep. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.