Ingat, Jangan Merokok di Dalam Angkot

54
0

TAWANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya menempelkan stiker-stiker larangan merokok di setiap angkutan kota (angkot) di Terminal Pancasila dan Alun-alun Kota Tasikmalaya. Upaya tersebut sebagai bagian kampanye menyeterilkan angkutan umum dari asap rokok.
Dalam kampanye tersebut, setiap angkot ditempeli dengan stiker “kawasan dilarang merokok”, para penumpang dan sopir pun diberi pemahaman soal bahaya dari asap rokok untuk kesehatan. Dinkes dibantu oleh Forum Kota Sehat dan para pelajar yang didelegasikan sebagai duta anti rokok.
Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Tasikmalaya dr Sarwono mengatakan angkutan umum merupakan ruang publik yang harus dijaga dari asap rokok. Karena sejauh ini masih banyak warga yang merokok di angkot tanpa memikirkan efeknya untuk penumpang lain. “Bukan hanya penumpang, ada juga sopirnya yang merokok. Sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan, ” tuturnya.
Menurutnya, kampanye masih sebatas himbauan, karena belum ada aturan yang tegas soal larangan merokok di angkot. Para penumpang dan sopir seharusnya memiliki kesadaran sendiri agar tidak merokok di dalam angkot. “Makanya kita berikan pemahaman soal bahaya merokok kepada mereka,” katanya.
Dinas Kesehatan sudah mengajukan pembuatan Peraturan Daerah (Perda) terkait larangan merokok di ruang publik ke DPRD Kota Tasikmalaya. Nantinya, diharapkan perda bisa rampung sebelum tahun 2017 berakhir. “Kalau perdanya sudah ada, kami juga lebih punya kekuatan untuk mengkampanyekan secara tegas,” paparnya.
Para duta anti rokok, dalam kampanye itu dibekali asbak dan meminta penumpang atau sopir yang merokok mematikannya segera. Sebagai apresiasi terhadap para penumpang dan sopir yang paham soal bahaya merokok, Dinkes pun memberikan berbagai bingkisan menarik.(rga)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.