Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Ingin Derajat Kesehatan Meningkat

15
0
KOMPAK. Perwakilan Kecamatan Tamansari, Puskesmas Sangkali, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya serta verifikator difoto bersama pendamping RW dan RT dan tim Satgas ODF sebelum berkunjung ke rumah warga Kelurahan Mugarsari, Kamis (10/10). Siti Aisyah / Radar Tasikmalaya

TAMANSARI – Program open defecation free (ODF) diharapkan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dengan tidak membuang air besar sembarangan (BABS).

Hal tersebut diungkapkan Lurah Mugarsari Kecamatan Tamansari Ujang Dani SPd dalam pembukaan verifikasi Jawara ODF 2019 Menuju Sanitasi Aman di aula Kantor Kelurahan Mugarsari, Kamis (10/10)

“Bagi kami target utama dari program Jawara ODF 2019 ini adalah meningkatnya derajat kesehatan masyarakat bukan juara. Melalui program ODF ini kami ingin memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat agar mereka paham dan mengerti pentingnya tidak BABS,” tutur Dani.

Dalam kegiatan verifikasi ini, selain tim verifikator dari Mahasiswa Unsil dan Poltekes Kemenkes Kota Tasikmalaya juga dihadiri oleh tim Kelurahan Mugarsari, tim dari Puskesmas Sangkali, perwakilan Kecamatan Tamansari, serta seluruh pendamping dari tim Satgas ODF, RW dan RT.

Dani berharap adanya perbaikan perilaku, pola pikir dan kebiasaan masyarkat. “Kepuasan bagi kami adalah memberikan yang terbaik pada pelayanan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, kami selalu mengingatkan akan pentingnya ODF,” tuturnya.

Kasi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Tamansari Oos Sopari menuturkan, pihak kecamatan dan seluruh stakeholder sangat mendukung program ODF, sehingga dari hasil verifikasi nanti akan diketahui data dan kekurangan serta kelemahan kondisi masyarakat. Data tersebut bisa menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan ke depannya.

“Dari data ini semoga masyarakat makin sadar dan ke depan bisa membangun jamban yang sehat dan tidak BAB sembarang,” ujar Oos. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.