Ingin Majukan SLB, Terkendala Lokasi

85
0
MASUK SEKOLAH. Kepala SLB Mekar Mandiri Anah Rohanah SPd memberikan seragam dan sepatu kepada peserta didik anak keterbatasan khusus. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
MASUK SEKOLAH. Kepala SLB Mekar Mandiri Anah Rohanah SPd memberikan seragam dan sepatu kepada peserta didik anak keterbatasan khusus. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Sekolah Luar Biasa (SLB) Mekar Mandiri Batulawang di Dusun Tundagan RT 19 RW 06 Desa Batulawang Kecamatan Pataruman memiliki sebanyak 34 siswa.

Menurut Ketua Yayasan SLB Mekar Mandiri Nana Mulyana, jumlah itu masih bisa bertambah jika lokasi SLB strategis.

Kata Nana, saat ini lokasinya sulit dijangkau menggunakan kendaraan umum. Lokasinya berada di patahan perbukitan.

“Kan akses jalannya jauh, ada di bawah bukit, tidak dekat di pinggir jalan raya. Orang tua murid pun meminta kalau sekolah dipindahkan saja ke lokasi yang strategis,” ujarnya Kamis (18/7).

Rencananya, ke depan pihaknya ingin mengembangkan yayasannya. Pindah lokasi. Yang lebih terjangkau kendaraan umum. Karena itu, dirinya berharap ada perhatian dari pemerintah kota dan instansi terkait untuk penyediaan lahan.

Kepala SLB Mekar Mandiri Anah Rohanah SPd mengatakan jumlah siswa saat ini sebanyak 34 anak. SD 24 orang, SMP 8 orang dan SMA 2 orang dengan jumlah tenaga pendidik saat ini 9 orang.

“Murid dari lima desa tetangga dan ada juga dari Pamarican sekolah di sini. Semua gratis,” katanya.

Sukarsih (47), nenek salah satu murid SLB mengaku rela berangkat dari Pamarican karena ingin cucunya mendapatkan pendidikan.

“Jauh sih (jarak Pamarican dan SLB). Coba kalau di pinggir jalan, pasti banyak orang tua yang anaknya memiliki keterbatasan fisik bisa menyekolahkan di sini. Sekolah mah gratis, nggak ada yang bayar,” ujarnya. (nto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.