Ingin Sekolah di Taiwan? Datang Kepameran Ini

36
0

BANDUNG – Pameran Pendidikan Taiwan yang bertajuk ‘Taiwan Higher Education Fair (THEF)’ siap digelar di kota besar Indonesia, yakni Bandung dan Banjarmasin. Di Bandung kegiatan ini bertempat di Hotel Novotel pada 11 Maret.

Kegiatan yang diselenggarakan Taiwan Education Center (TEC) Indonesia dibawah naungan Tunghai University didukung dan bekerjasama dengan sejumlah institusi pendidikan di Indonesia.

Sedikitnya ada 15 perguruan tinggi di Taiwan yang ikut serta dalam pameran ini. Beberapa diantaranya adalah Nationwide Taiwan University, Tunghai University, Tzu Cho University, National Dong Hwa University, dan lain sebagainya.

Ketua BKPBM Jawa Barat, Judhi Irawan Leonard. menuturkan pameran ini selain untuk memberikan informasi mengenai pendidikan di Taiwan tapi juga menjaga kerjasama dan kemitraan yang sudah terjalin antara Indonesia dengan negara berjuluk Naga Kecil Asia tersebut.

“Pengembangan bahasa Mandarin di Jawa Barat khususnya juga akan dilakukan karena provinsi termasuk lambat, baru sempat masuk tahun ini padahal potensinya cukup besar,” sambungnya.

Pameran ini juga menjadi implementasi nyata kebijakan baru pemerintah Taiwan yakni ‘New Southbound Policy’, dimana kebijakan ini fokus untuk memperkuat kerjasama dengan negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara di berbagai bidang, khususnya pendidikan di Indonesia.

Judhi menambahkan THEF 2019 membuka akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat Bandung tentang peluang dan keuntungan yang didapat jika melanjutkan pendidikan di Taiwan.

Disana, kata Judhi wisata halal sudah terverifikasi sehingga memudahkan traveler dan pelajar muslim untuk berkunjung kesana.

“Taiwan itu sudah terverifikasi untuk makanan halal. Jadi bagi umat muslim yang berwisata atau sekolah tidak perlu bingung untuk makan sehari-hari. Tempat untuk menjalankan ibadah shalat juga sudah banyak tersedia,” paparnya.

Keuntungan lainnya adalah fasilitas kampus yang super sophisticated (sangat canggih). Internet yang murah dan akses internet yang cepat tentunya memudahkan mahasiswa dalam membuat tugas.

Lingkungan kampus yang asri, serta tersedia ruang belajar (study room) 24 jam. Ada banyak beasiswa yang disiapkan pemerintah setempat dan universitas di Taiwan.

Beberapa diantaranya seperti, Ministry of Education (MOE) Taiwan Scholarship, Ministry of Science and Technology (MOST) Taiwan Scholarship, Internastional Higher Education Scholarship Program of Taiwan (ICDF), serta Huayu Enrichment Scholarship (HES) yang dikhususkan untuk mempelajari bahasa Mandarin.

“Melalui program ini pemerintah Taiwan ingin mendorong mahasiswa berprestasi untuk meneruskan jenjang pendidikan di Taiwan. Peluang ini tentu bisa diambil mahasiswa Indonesia khususnya Bandung yang ingin melanjutkan studi di Taiwan,” tandasnya. (Nur Fidhiah Shabrina/Radar Bandung)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.